Connect with us

Bencana

115 Dokter Gugur, Buya Syafii WA Presiden: Bangsa Ini Bisa Oleng

Published

on

Spread the love

Sumatera, (14/09/2020), Suarametropolitan.com – 115 Dokter Gugur, Buya Syafii Maarif sangat prihatin. Karena itu dia berkirim pesan lewat WhatsApp ke Presiden Joko Widodo. Mengutip media PWMU.CO, Penulis/Editor Mohammad Nurfatoni

– Tim Mitigasi Dokter Pandemi Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia merilis jumlah dokter yang meninggal karena Covid-19, Sabtu (12/9/2020).

Ada 115 dokter yang sudah meninggal dunia. Terdiri dari 57 dokter umum, 51 dokter spesialis, dan 7 guru besar.

Mereka tersebar di Aceh (2), Banten (1), NTB (1), Papua Barat (1), DIY (2), Kepulauan Riau (2), Riau (1), Kalimantan Timur (3), Sumatera Selatan (4), Kalimantan Selatan (4), Bali (4), Sulawesi Selatan (6), Jawa Tengah (8), Jawa Barat (11), DKI Jakarta (15), Sumatera Utara (21), dan Jawa Timur (29).

Sementara itu data yang dihimpun Kompas total kasus Covid-19 di Indonesia per Sabtu (12/9/2020) pukul 16.15 WIB: positif (214.746), dirawat (53.638), meninggal (8650), dan sembuh (152.458).

Data sebaran dokter yang meninggal dunia di Indonesia per Sabtu, 12 September 2020.

Buya Syafii WA Presiden

Fakta tersebut membuat prihatin banyak kalangan, termasuk bagi Prof Dr Ahmad Syafii Maarif—atau yang akrab disapa Buya Syafii.

“Jika begini terus, para dokter bisa punah. Bangsa ini bisa oleng tanpa dokter yang cukup,” ujarnya pada PWMU.CO, Ahad (13/9/2020) pagi.

Bahkan Buya Syafii sempat berkirim pesan WhatsApp (WA) Ahad pagi ke Presiden Joko Widodo agar lebih memperhatikan persoalan ini.

Berikut isi WA Ketua (Umum) Pimpinan Pusat Muhammadiyah tahun 1998–2005 itu.

Yang Mulia Presiden Republik Indonesia

Sebagai salah seorang yang tertua di negeri ini, batin saya menjerit dan goncang membaca berita kematian para dokter yang sudah berada pada angka 115 pagi ini plus tenaga medis yang juga wafat dalam jumlah besar pula.

Pak Presiden, mohon diperintahkan kepada Menteri Kesehatan dan jajarannya untuk berupaya semaksimal mungkin menolong nyawa para dokter ini. Jika begini terus, bangsa ini bisa oleng karena kematian para dokter saban hari dalam tugas kemanusiaannya di garis paling depan.

Terima kasih Pak Presiden.
Ahmad Syafii Maarif

Redaksi

Foto: Tangkapan layar

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bencana

Untuk Membunuh Virus Corona Ketua Umum IDI Luncurkan EMA 004 dan EMA 005

Published

on

Spread the love

 

Yogyakarta, (04/01/2021), Suarametropolitan.com — Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr Daeng Muhammad Faqih meluncurkan sebuah produk baru untuk mengatasi virus corona. Peluncuran tersebut berlangsung pada hari Senin, 04 Januari 2021 bertempat di Gedung UC UGM, dalam penjelasannya kepada awak media Daeng mengemukakan bahwa akan selalu mendukung dengan segala upaya untuk bisa mengatasi virus corona termasuk trobosan kreatif teknologi yang dinamakan EMA 004 dan EMA 005.
Seperti diketahui, hingga saat ini belum ditemukan anti virus corona di tengah- tengah pandemi ini termasuk anti virus dan anti bakteri, bahkan vaksin juga baru masuk uji klinis, dan yang paling strategis dilakukan ialah upaya pencegahan, karena kita belum tahu obat penyembuhannya, sehingga kita harus berupaya untuk tidak sakit, papar Daeng.
Dia juga menjelaskan bahwa upaya protokol kesehatan yang dilakukan seperti memakai masker , cuci tangan, jaga jarak serta tinggal dirumah juga merupakan sebuah upaya untuk mencegah menjadi sakit.
Dan saat ini ada inovasi teknologi yang mampu membunuh virus bakteri yang ada di ruangan, dan saat ini memang ada hal yang bisa membunuh virus dan bakteri di dalam ruangan dengan menyemprotkan cairan desinfektan , tetapi hal ini tidak aman jika harus terhirup oleh manusia ,dan inilah juga yang menimbulkan bahaya , dan teknologi yang digunakan dalam alat ini mampu memberikan keamanan bagi manusia yang menghirupnya , inilah salah satu kelebihan produk tersebut, terang Daeng.
Dalam kesempatan yang sama Prof Joko selaku pihak yang membuat produk EMA 004 dan EMA 005, menjelaskan bahwa produk yang diproduksinya ini memakai bahan dasar euclyptus atau yang lebih dikenal dengan istilah minyak kayu utih , yang diyakini mampu membunuh virus dan aman bagi manusia .
Karena pada saat kita berkumpul dan kita menggunakan teknologi ini dipakai maka akan aman bagi manusia , karena sejak dahulu kita akrab dengan bau minyak kayu putih ,dan teknologi ini mampu menjangkau tempat virus berada , misalnya di hidung tenggorokan bahkan perut dan paru paru, dengan di masuknya unsur eucalyptus ini kedalam tubuh kita maka ia akan juga sampai di paru paru , hingga perut sehingga mampu untuk melawan virus yang ada, dan mesin ini akan menyemprotkan cairan halus yang mengandung hal tersebut keseluruh ruangan sehingga ruangan akan menjadi aman bagi orang yang berkumpul didalamnya ,paparnya.
Selanjutnya dia juga menjelaskan bahwa produk yang dibuatnya ini meripakan asli karya anak bangsa , dan juga merupakan bagian dari sebuah upayauntuk membuat roda perekonomian yang dijalani UMKM apat berjalan dengan baik.
Mudah mudahan apa yang
dilakukan ini bisa membantu pemerintah untuk menghadapi virus corona yang memberikan dampak yang luar biasa bagi masyarakat kita . tutupnya.
Acara peluncuran dihadiri dari berbagai kalangan. (Ponijan)

Continue Reading

Bencana

Gugus Tugas Kecamatan Umbulharjo Sosialisasi Adaptasi Kebiasan Baru

Published

on

Spread the love

 

Yogyakarta, (24/10/20), SuaraMetropolitan.com — Di pimpin Langsung Ketua Gugus Kecamatan yang juga Camat Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta Drs Rumpis Trimintarta kembali melakukan Sosialisasi Adaptasi Kebiasan Baru dan Protokol Kesehatan ke para pelaku usaha, Hotel dan Resto di wilayah kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta.

Gita Anjarwati SKM petugas Surveilans Kelurahan ( Surkel) dari Puskesmas Umbulharjo 2 yang turut serta dalam kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang di lakukan Gugus Tugas dalam rangka sosialisasi Adaptasi Kebiasan Baru dan Penerapan Protokol Kesehatan .

” Ini merupakan kegiatan rutin yang di lakukan Gugus Tugas dalam rangka sosialisasi Adaptasi Kebiasan Baru dan Penerapan Protokol Kesehatan dengan menyasar pelaku usaha seperti hotel , resto dan kantor di wilayah kecamatan Umbulharjo ” demikian Gita Anjarwati kepada Wartawan.

Di tambahkan oleh Gita Anjarwati Fokus Sosialisasi adalah memastikan penerapan Protokol Kesehatan dengan 4 M yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan Pakai Sabun, Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan.

” kami memastikan penerapan protokol kesehatan benar- benar di laksanakan di tempat publik dan pelaku usaha seperti Resto, Hotel dan perkantoran , sekaligus kami sosialisasi tentang Adaptasi Kebiasan Baru di tempat kerja juga sosialisasi tentang 4 M ” tambah Gita Anjarwati.

Turut serta dalam kegiatan Sekcam Kecamatan Umbulharjo Endah Dwi Dinyastuti SE MM yang berpesan kepada pelaku usaha agar tetap mentaati Protokol Kesehatan dan patuh kepada himbauan dari Pemerintah.

” kami sampaikan bahwa tempat- tempat usaha yang sudah memulai aktifitas wajib menerapkan protokol kesehatan dan harus patuh kepada himbauan dari Pemerintah ” tutur Endah Dwi Dinyastuti.

Tim Gugus yang terdiri dari berbagai Instansi di harapkan mampu memberikan masukan dan ilmu yang mudah di terapkan oleh pelaku usaha dan masyarakat.

” tim monitoring dan sosialisasi terdiri dari Kecamatan, Puskesmas, Polsek, Koramil , Sat Pol PP dan dari instansi lain , harapannya semoga sosialisasi tepat sasaran dan ilmu yang di berikan mudah di terapkan ” pungkasnya.

Rep/Kontributor: Gie Raharjo

Continue Reading

Bencana

Rumah Dan Satu Unit Motor Ludes Terbakar Akibat Kebocoran Tabung LPG

Published

on

Spread the love

Gunungkidul, (12/09/2020), Suarametropolitan. Kebakaran terjadi di Kalurahan Banyusoco, Kapanewon Playen, Gunjngkidul, yogyakarta. Akibat dari kebocoran tabung LPG selesai dipasang.

Kabar yang berhasil kami himpun menerangkan bahwa pemilik rumah memasang tabung LPG ke kompor namun tidak menyadari selesai dipasang masih ada kebocoran pada karet kaburator tabung tersebut.

Menurut keterangan warga setempat bahwa kebakaran tersebut menghanguskan seluruh bangunan rumah, milik Yatimah(Perempuan,58 ), hingga rata dengan tanah.

” api sudah padam tetapi sudah terlanjur rata dengan tanah, habis semua saturumah “, Papar Rahmat merupakan tetangga korban pada (12/09/2020),

Kronologi, Sekira pukul 11.00 WIB pada saat mau memasak di dapur ada selang gas yang bocor, sehingga ketika mau menyalakan kompor api langsung menyambar dan menyebabkan kabakaran besar yang sulit dipadamkan,
Rumah ludes terbakar beserta isinya, termasuk satu unit kendaraan bermotor.

Penanganan yang sudah dilaksanakan, Pemadaman api dengan 1 unit Tengki Pemadam kebakaran dan Alat warga sekitar. Direncanakan besok pagi akan diadakan kerja bakti untuk membersihkn puing-puing bangunan.

Personil terlibat
Damkar, Koramil Playen, Polsek Playen, Bagana, Gess, BPBD, Tagana, Warga masyarakat dan Pamong Kalurahan.

 

(Spd)

Continue Reading

Berita Terpopuler