Connect with us

Yogyakarta

Bansos APBD Di Kelurahan Bantul Berlangsung Lancar

Published

on

Spread the love
Bantul, Suara Djogja.com – Pencairan BLT Dana desa dan bantuan sosial APBD Kabupaten Bantul di kelurahan Bantul berlangsung kondusif.

Acara tersebut berlangsung, selasa (9/06/2020) di gedung serbaguna komplek kelurahan Bantul. Acara dilaksanakan sesuai protokol covid 19, yaitu setiap penerima bantuan pakai masker, cuci tangan, cek suhu tubuh dan duduk antri sesuai jarak yang ditentukan.

Dalam acara tersebut lurah desa Bantul H. Supriyadi menjelaskan.

“Bahwa bantuan langsung tunai/ BLT Dana Desa, cair hari ini sebanyak 192 orang, merupakan pencairan tahab ke 2. Sedangkan bantuan sosial/ bansos SPBD sebanyak 114 orang merupakan pencairan tahab pertama,” ucapnya.

“Supriyadi juga menjelaskan dengan adanya bantuan ini sangat bermanfaat bagi warga yang tidak mampu apalagi yang terkena dampak covid 19, bisa untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari – hari. Namun demikian beliau mengharap kepada petugas pendata calon penerima bantuan baik dari kementrian sosial maupun dari propinsi untuk koordinasi dengan desa sehingga tidak seperti yang terjadi seperti sekarang ini orang sudah meninggal, pindah tempat atau sudah tidak layak menerima bantuan muncul di data byname,” ujarnya.

Demi kondusifitas desa harus memverifikasi data dan membuat berita acara untuk dicorek, dan sayangnya yang dicorek tadi tidak boleh diganti padahal banyak warga yang betul – betul tidak mampu dan layak menerima bantuan namun tercecer belum masuk dalam daftar tidak bisa begitu saja sebagai pengganti byname dicorek.

Untuk itu lurah desa Bantul tersebut mengharap ke depan kita harus saling koordinasi atau gayuh bersambung dalam pendataan.

Sementara salah satu penerima BLT Tugiyem warga Bejen didampingi kepala dukuh Sofyan Purwaka mengucapkan.

“Terimakasih kepada pemerintah yang peduli memikirkan rakyatnya sehingga bisa mencukupi kebutuhan hidupnya kususnya untuk makan,” ucapnya.

Secara umum pelaksanaan pencairan BLT dan Bansos berlangsung kondusif. Hadir dalam kesempatan itu Dinas sosial, staf kecamatan Bantul, Koramil, DPPKBPMD, inspektorat, jajaran polsek Bantul. BPD kelurahan Bantul.

( Pnj ).

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kriminal

Akan Dilakukan Mediasi, Oknum Lurah Dilaporkan Polisi Diduga Terkait Pelanggaran UU ITE

Published

on

Spread the love

 

Gunungkidul, Suarametropolitan.com — Melangsir sumber berita dari Fakta9 mengenai dugaan melakukan tindak pidana penghinaan dan pencemaran nama baik terhadap salah satu warganya yang dilakukan oleh oknum Lurah di Kapanewon Girisubo yang berinisial Rj di laporkan ke Polres Gunungkidul.

Slamet Haryoko, SH, salah satu penasehat hukum korban yang berinisial ES, menjelaskan bahwa sebelumnya Rj merekam sebuah pernyataan bernada penghinaan yang ditujukan kepada kliennya, melalui media elektronik.

“Pesan tersebut dikirimkan kepada seseorang untuk disampaikan kepada klien saya.” ungkapnya

Sehingga, karena merasa tidak terima dengan pernyataan tersebut, maka pada tanggal 09 Maret 2021 sekitar pukul 14.30 wib, ES kemudian membuat pengaduan ke Polres Gunungkidul atas dugaan pelanggaran Pasal 27 Jo pasal 45 ayat 3 UU RI No 15 Tahun 2016 atas perubahan UU RI No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yang dilakukan oleh Rj.

“Secara resmi, klien saya sudah melaporkan dugaan penghinaan melalui media elektronik yang dilakukan oknum lurah tersebut.” kata Slamet Haryoko, SH kepada reporter fakta9.com Jum’at (26/03/2021).

Pihaknya juga sangat menyayangkan atas ulah yang dilakukan oleh oknum Lurah terhadap kliennya, pasalnya sebagai seorang tokoh masyarakat seharusnya Rj bisa menjadi contoh dan panutan yang baik untuk warga masyarakat di wilayahnya.

“Sangat tidak pantas pernyataan bernada penghinaan seperti itu dilontarkan oleh seorang perangkat desa (lurah) terhadap warganya yang seharusnya diayomi,” jelasnya.

Selanjutnya, berdasarkan Surat Tanda Terima Laporan Polisi (STTLP) Nomor : STTLP/33/ III/ 2021/ DIY/ GNK, penasehat hukum pelapor berharap pihak Penyidik segera memproses laporan yang telah diadukan kepada Kepolisian Resort Gunungkidul, mengingat alat bukti permulaan sudah didapatkan oleh Penyidik, yaitu alat bukti keterangan saksi dan alat bukti petunjuk berupa pesan suara yang diterima oleh pelapor.

“Dua alat bukti sebagai bukti permulaan sudah dikantongi penyidik, maka kami harap kasus ini segera ditingkatkan prosesnya oleh pihak Kepolisian.” Pungkasnya.
———————
Terkait berita diatas, juga diberitakan oleh salah satu media lokal lainya mengonfermasi atau minta keterangan kepada penasehat hukum melalui chat whatsapp pada Jum’at 26 Maret 2021, Pukul 19.10.00 WIB. isi chat nya membenarkan berita tersebut.

“Iya benar, berita tersebut sudah sesuai dan telah dikonfirmasikan ke kita selaku Penasihat Hukum”, Chatnya.

Dari pihak terduga (RJ) mengakui bahwa memang dirinya dilaporkan ke- Polres Gunungkidul, dan terkait hal tersebut dirinya sudah meminta maaf kepada pelapor, pihak pelapor juga bisa memahami namun dikarenakan sudah terlanjur dilaporkan, menurutnya (RJ) prosesnya biar berjalan hingga dilakukan mediasi pada Hari Senin 29 Maret 2021, di Polres Gunungkidul. Hal ini disampaikan kepada salah satu tim redaksi suaradjogja.com, pada jumat malam sekitar Pukul 19.20.00.WIB. melalui voice note whatsapp.

Sumber: Suaradjogja.com

 

Continue Reading

Bencana

Paguyuban Dukuh Janaloka Adakan Bakti Sosial Korban Banjir Di Girisubo

Published

on

Spread the love

 

Gunungkidul, Suarametropolitan.com — Paguyuban Dukuh Gunungkidul atau Janaloka melaksanakan bakti sosial memberikan bantuan sembako untuk korban banjir di Girisubo.(09/02/2021)

Menurut ketua umum Janaloka Suteja memberikan penjelasan kegiatan bakti sosial diadakan untuk meringankan beban para korban banjir dan merupakan kepedulian para dukuh se-Gunungkidul atas terjadinya musibah banjir di Girisubo.

Kegiatan ini dimulai pukul 14.00 WIB dengan titik kumpul bertempat di rumah Iduk Sudiyanto di Jeruk Wudel.Personil yang membagikan bantuan di wakili oleh pengurus harian dan koordinator Kapanewo n dengan membagikan 85 paket sembako yang di distribusikan ke 3 wilayah kalurahan yang terdampak banjir yaitu Song Banyu, Nglindur dan Jeruk Wudel. Pendistribusian khusus di Song Banyu hanya bisa diantarkan sampai jembatan yang putus karena akses jalan tidak bisa dilewati sehingga dalam pendistribusianya diberikan dengan cara “ranting” di terima oleh para dukuh Song Banyu mewakili warga yang terdampak banjir dan mengucapkan terimakasih atas bantuan yang di berikan oleh paguyuban dukuh se-Gunungkidul.

Kegiatan bakti sosial menurut bendahara Janaloka Suprapti terkumpul donasi dari anggota sebesar Rp.6.945.000,- harapannya mudah mudahan dengan sedikit bantuan ini dapat meringankan beban korban banjir dan mendoakan bagi para pemberi bantuan mendapat imbalan pahala dari Tuhan Yang Maha Esa.

(Redaksi)

 

 

Continue Reading

Budaya

Penyerahan Piagam Lomba Arsitektur Tingkat Pelajar Dan Mahasiswa Gunungkidul Oleh PT. Guparindo

Published

on

Spread the love

 

Gunungkidul, SuaraMetropolitan.com — Penyampaian piagam dan piala bagi peserta lomba arsitek di rumah edukasi pendidikan SDM Di Plosodoyong, Ngalang, Gedangsari, Gunungkidul, DIY. (27/01/2021).

Acara penyerahan tersebut dimulai pukul 13.00.WIB. dihadiri oleh perwakilan dari bupati terpilih yakni ketua dari Senthir Cilik Sunaryanta, yaitu Antono Putra beserta lima orang pengurusnya, perwakilan dari pihak sekolah SMK Wonosari, seluruh peserta lomba dan beberapa awak media online.

Sebelum penyampain piagam disampaikan beberapa sambutan baik dari pihak PT. Guparindo maupun dari Senthir Cilik Sunaryanta yang mana keduanya memberikan support kepada peserta lomba.

“Tujuan kami mengadakan lomba ini untuk mempersiapkan SDM para peserta jika nantinya ada PT, atau CV yang akan membuat sebuah bangunan di Gunungkidul”, Ungkap Intan Aprillia.

Ditambahkan juga bahwa peserta lomba yang diadakan ini merupakan gambaran di gunungkidul banyak orang-orang yang mumpuni dibidang arsitektur.

Perwakilan dari bupati terpililh Senthir Cilik Sunaryanta, secara pribadi dalam kesempatan yang sama mengungkapkan rasa bangga didepan hadirin.

“Kami sangat bangga ternyata anak-anak gunungkidul mampu menuangkan ide kreatifnya. Insyaallah akan kami sampaikan kepada Bapak Bupati jika sudah dilantik nanti, agar anak-anak tersebut bisa tersalurkan”, Katanya.

Lebih lanjut Antono Putra menyampaikan pesan dari H.Sunaryanta bupati terpilih di periode ini yakni, anak anak pelajar kedepanya bisa menjadi arsitek tata kelola yang hebat.

“Gunungkidul membangun sebagai generasi Z kita artikan bahwa kita warga Gunungkidul sebagai Subjek dalam pembangunan itu. Semua anak negeri berkarya nyata untuk kemajuan Gunungkidul”, pesan yang disampaikan.

Menurutnya karya tangan anak-anak ini tidak kalah dengan hasil karya dari luar. Tinggal bagaimana peran pemerintah dan peran kita semua menggunakan hasil kreasi mereka”, Pungkasnya.

Penyerahan langsung oleh PT Guparindo melalui perwakilannya, salah satu kepala sekolah SMK 45 Wonosari, dan dari Senthir Cilik Sunaryanta yaitu Antono Putra. Seluruh hadirin tetap mengenakan protokol kesehatan.

(Redaksi)

 

Continue Reading

Berita Terpopuler