Connect with us

Budaya

Gelar Budaya Desa Katongan Di Wisata Pesona 17 Kali Oyo

Published

on

Spread the love

Gunungkidul, (suarametropolitan.com) _// Gunungkidul kini memiliki tempat wisata baru lagi yang tidak kalah menariknya dengan tempat tempat wisata yang lain yang kini mulai boming dan mulai banyak didatangi para pecinta wisata, tempat tersebut adalah Pesona 17 Kali Oyo.

Wisata Pesona 17 Kali Oyo ini berada di Padukuhan Jeruklegi, Kalurahan Katongan, Kapanewon Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, DIY.


Pada hari ini Sabtu tanggal (20/11/2021) di Wisata Pesona 17 Kali Oyo diadakan Gelar Budaya dan sekaligus akan dilaksanakan peresmian pembukaan yang akan diresmikan oleh Bupati Gunungkidu H. Sunaryanta.

Hari Sudarsono selaku ketua Pokdarwis Pesona 17 kepada awak media menerangkan bahwa acara gelar budaya ini terlaksana berkat tunjukan dari Dinas Pariwisata Propinsi DIY yang mana menunjuk 17 titik tempat wisata yang akan diadakan gelar budaya, dan Pesona 17 Kali Oyo merupakan satu diantara ke 17 tempat wisata yang terpilih.

Hari Sudarsono juga menuturkan bahwa wisata Pesona 17 Kali Oyo ini terbentuk atas kerja keras warga Padukuhan Jeruk Legi, dan belum mendapatkan bantuan dari pemerintah.

” Belum ada dana dari pemerintah, semua dari hasil swadaya masyarakat” tuturnya.

Kepada awak media ketua Pokdarwis juga mengatakan bahwa tempat wisata ini dulunya berangkat dari UMKM berencana agar bisa menjadi wadah pengemasan 3 pilar yaitu, Wisata, UMKM, dan Budaya.

Dalam acara Gelar Budaya pada hari ini banyak sekali warga yang ikut menjajakan beraneka daganga baik makanan, mebel dan banyak lagi dagangan hasil produk warga setempat. Juga pada hari ini digelar beberapa hiburan antara lain pentas musik angklung, seni tari dan akan ahiri dengan pagelaran wayang kulit dalang cilik Mohamad Yusuf Anshor.

Mengahiri pembicaraanya Hari Sudarsono selaku ketua Pokdarwis berharap dengan kerja keras dan mandirinya masyarakat supaya nantinya pemerintah dapat mengetahui keseriusan warga dalam pengelolaan tempat wisata dan diharap pemerintah bisa untuk memberikan dukungan, agar master plan wisata Pesona 17 dapat segera terlaksana, sehingga Pesona 17 bisa lebih dikenal masyarakat luas bahkan sampai ke seluruh Dunia sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian warga masyarakat sekitar kusunya dan warga Gunungkidul pada umumnya’ pungkasnya.

Rep/ Agus Yuliantoro

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Budaya

Pemberhentian Dan Pengangkatan Pengganti Antar Waktu Anggota Badan Permusyawaratan Kalurahan Bohol

Published

on

Spread the love

Gunungkidul, (suarametropolitan.com) _// Pemerintah Kalurahan Bohol melaksanakan pemberhentian dan pengangkatan pengganti antar waktu anggota BPKAL Kalurahan Bohol periode 2019 – 2025 yang bertempat di Balai Kalurahan Bohol, Kapanewon Rongkop, Kabupaten Gunungkidul, DIY pada hari Senin tanggal 13/12/2021.

Hadir dalam acara tersebut Agung Danarta,S sos Mse selaku Panewu Rongkop, Widodo, S.ip selaku Lurah Bohol, Babinsa, Lembaga, Bamuskal Kalurahan Bohol.

Kepada awak media Widodo selaku Lurah Bohol mengatakan bahwa pemberhentian dan pengangkatan Pengganti Antar Waktu ini dilaksanakan karena adanya salah satu anggota Bamuskal yaitu Mega Puspitasari yang mengundurkan diri dan digantikan Ninik Wahyuni.

Pada acara tersebut untuk pengambilan sumpah di lakukan oleh Agung Danarta selaku Panewu Rongkop dan Mohammad Bahtiar Rifai selaku Rohaniawan islam, serta dua orang saksi.

Dalam sambutanya Agung Danarta mengucapkan selamat kepada Pengganti Antar Waktu Bamuskal Bohol dan berharap agar dengan Pengganti Antar Waktu ini Bamuskal akan lebih bersemangat baik dalam mencari aspirasi masyarakat maupun dalam kegiatan non formal dan juga dapat melakukan pengawasan jalanya pemerintahan Kalurahan Bohol.

Acara berjalan lancar dan juga mentaati protokol kesehatan.

Rep/ Agus y

Continue Reading

Budaya

Kalurahan Pringombo Bagikan Sembako Kepada Warga Jompo Dan Lansia

Published

on

Spread the love

Gunungkidul, (suarametropolitan.com) _// Sebanyak 80 orang penyandang Jompo dan Lansia warga Pringombo menerima bantuan berupa paket sembako dari Pemerintah Kalurahan Pringombo yang dilaksanakan di Balai Kalurahan Pringombo, Kapanewon Rongkop, Kabupaten Gunungkidul, DIY pada hari Senin tanggal 13/12/2021.

Hadir dalam acara tersebut Ermina Kristiani Susanti selaku Lurah Pringombo, segenap jajaran Pamong Kalurahan Pringombo, Bhabin serta Babinsa Kalurahan Pringombo.

Kepada awak media Suara Metropolitan Ermina Kristiani Susanti mengatakan bahwa pemberian paket sembako kepada para jompo dan lansia ini bersumber dana dari Dana keistimewaan ( Danais ).

Ermina juga menambahkan bahwa 80 orang yang menerima bantuan paket sembako ini merupakan penyandang jompo dan lansia dari 10 Padukuhan di Kalurahan Pringombo. Ermina juga berharap dengan pemberian paket sembako ini agar para jompo dan lansia di Kalurahan Pringombo dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik supaya dapat membantu meringankan keburuhan pokok sehari hari mereka.

” Warga yang menerima paket sembako ini merupakan penyandang jompo dan lansia dari 10 Padukuhan di Kalurahan Pringombo ” tutur nya.

Acara yang dimulai sejak pagi tadi berjalan dengan lancar dan tetap mentaati protokol kesehatan.

Agus y

Continue Reading

Budaya

Wakil Bupati Gunungkidul Hadir Dalam Acara Sedekah Laut Atau Nyadran Di Pantai Selatan

Published

on

Spread the love

Gunungkidul, (suarametropolitan.com) _// Pemerintah Kalurahan Sidoharjo berkolaborasi dengan Padukuhan Pulegundes 1 dan Pulegundes 2 menggelar acara tahunan Nyadran di Pantai Sadranan Kalurahan Sidoharjo, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DIY pada hari Minggu tanggal 12/12/2021.

Hadir dalam acara tersebut Wakil bupati Kabupaten Gunungkidul Heri Susanto, Dinas Kebudayaan, Dinas Pariwisata, Dewan Kebudayaan, Kapanewon Tepus, Jajaran Polsek Tepus, Koramil dan Evi Nurcahyani Sip selaku Lurah Sidoharjo beserta jajaran Pamong Kalurahan Sidoharjo, Bamuskal dan Lembaga Kalurahan Sidoharjo.


Acara Nyadran dimulai dengan Ritual Genduren dan Larungan/ Labuhan di Pantai Sadranan yang dipimpin oleh Mbah Sukam selaku juru kunci Pantai Sadranan dan diikuti oleh segenap masyarakat Padukuhan Pulegundes 1 dan 2.

Heru Eko Susilo selaku carik Kalurahan Sidoharjo kepada awak media ia mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan maksut untuk melestarikan kebudayaan adat setempat. Heru Eko Susilo juga menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk rasa syukur dari para warga masyarakat Pulegundes 1 dan 2 atas berkah yang mereka terima selama ini.

Acara yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB berjalan lancar dan akan diahiri dengan pagelaran hiburan Tayub yang akan dilaksanakan di Balai Padukuhan Pulegundes 2 pada malam harinya.

(Agus Y/red)

Continue Reading

Berita Terpopuler