BeritaPendidikan

Kuliah Karya Jurnalpreneur Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang

×

Kuliah Karya Jurnalpreneur Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang

Sebarkan artikel ini
Pembina INWUB (Direktur The Wijaya Institute) Diwawancara oleh Peserta Pelatihan Jurnalispreneur di studio podcast Suara Metropolitan.com.

Palembang,SuaraMetropolitan

Lima mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang yang tergabung dalam Inkubasi Wirausaha Baru (INWUB) menggelar kegiatan Kuliah Karya Jurnalpreneur di Studio Suara Metropolitan, Sabtu (01/06/2024).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Kegiatan ini bagian dari pelatihan jurnalistik yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam bidang jurnalistik, dan merupakan hasil kerjasama antara Fakultas Dakwah dan Komunikasi dengan Suara Metropolitan.

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 09.00 WIB ini dihadiri oleh lima mahasiswa dari Program Studi Manajemen Dakwah yang juga merupakan pengurus inti INWUB.

Baca juga: Kolaborasi Ponpes Nurul Qomar bersama The Wijaya Institute Gelar Workshop Student Preneurs Mahasiswa

Kelima mahasiswa tersebut yakni Muhammad Rafid Ihsan Tobing, Muhammad Rifky Khorairah, Intan Permata Sari, Siti Roudhatul Jannah, dan Silvi Dinda Agestia, yang telah ditetapkan dalam Surat Keputusan INWUB oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Pembina INWUB Dr. Wijaya mengatakan tujuan utama pendirian INWUB adalah untuk memberikan wadah bagi mahasiswa dalam menerapkan ilmu yang mereka pelajari melalui praktik kerja nyata.

“Kami ingin mahasiswa dapat mengaplikasikan keilmuan mereka di dunia nyata. Kami bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi negeri, terutama Fakultas Dakwah dan Komunikasi, untuk memberikan kepercayaan kepada mahasiswa dalam mengembangkan soft skill mereka. Mulai dari level worker hingga menjadi leader,” ujar Wijaya.

Pengarahan Tentang Bagaimana menjadi Host dan Presenter di acara Podcast.

Baca juga: Pj Walikota Palembang Pastikan Perekonomian Palembang Menjanjikan Untuk Berinvestasi

Wijaya mengungkapkan bahwa karya yang dihasilkan oleh mahasiswa akan diterbitkan di SuaraMetropolitan.com karena ini merupakan tunas yang akan menghasilkan makna ditengah masyarakat.

“Dengan antusiasme mahasiswa, produk jurnalistik yang mereka hasilkan akan langsung tayang hari ini juga. Ini merupakan langkah awal bagi mereka untuk menghasilkan produk jurnalistik berkualitas yang dapat memberikan nilai tambah secara sosial dan ekonomi.”Imbuhnya.

Sementara Ketua INWUB Muhammad Rafid Ihsan Tobing, mengharapkan agar kegiatan ini dapat menjadi acuan bagi mahasiswa lain.

Baca juga: Soal Fatwa Salam Lintas Agama, Guru Besar UIN Jakarta Ingatkan Perbedaan Forum Internum dan Eksternum

“Kuliah karya ini bertujuan mencetak mahasiswa yang paham akan jurnalistik, terutama mahasiswa Fakultas Dakwah. Harapan kami, INWUB dapat terus bersinergi dan memberikan manfaat bagi umat dan bangsa,” ujarnya.

Menurutnya, kuliah karya jurnalpreneur ini tidak hanya melatih mahasiswa dalam bidang jurnalistik seperti menjadi presenter, jurnalis, dan host, tetapi juga dalam hal editing video.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan, keberanian, dan memberikan jaminan masa depan yang lebih baik bagi mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang, khususnya bagi mereka yang berada di Fakultas Dakwah dan Komunikasi.”harapnya.

Ikuti Kami di Google News klik https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMPvkpwwwje21BA?hl=en-ID&gl=ID&ceid=ID%3Aen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *