Connect with us

Budaya

LKS KINASIH Sebagai Pilot Projec Tentang Program Penelitian Pemberdayaan Lansia Berbasis Keluarga Menuju Desa Ramah Lansia

Published

on

Spread the love

Gunungkidul, (suarametropolitan.com) _// Lembaga Kesejahteraan Sosial Kanthi Ikhlas Niat Amal Sosial Insya Allah Harmonis (LKS KINASIH) yang beralamat di Dusun Dengok I, RT 03 RW 01, Kalurahan Dengok, Kapanewon Playen Kabupaten Gunungkidul, DIY ini merupakan sebuah lembaga yang bergerak dalam kegiatan sosial yang mana LKS KINASIH merupakan satu satunya di Gunungkidul ataupun di DIY.

Diketahui LKS KINASIH ini mulai didirikan pada 15/12/2003 yang mana dulunya masih Orsos, dan para pendirinya antara lain, Suryata, S.T.P, Sudarmanto, S.pd, Sumartini, S.sos selaku Ketua LKS KINASIH, dan Suronto.

Kepada awak media Sumartini, S.sos selaku ketua dari LKS KINASIH menjelaskan bahwa mulai tahun 2012 Orsos berubah istilah menjadi LKS (Lembaga Kesejahteraan Sosial) dengan Legalitas terakreditasi B dan telah memiliki ijin akta Notaris No.27.24-12-2019 dan SK Menkumham No AHU-000120.AH.10.07 Tahun 2020.

Sumartini S.sos juga mengatakan bahwa sebelum tahun 2012 Orsos KINASIH melayani semua Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) kemudian dirubah menjadi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial). Baru setelah tahun 2012 sasaran layanan LKS KINASIH fokus kepada pelayanan Lanjut Usia.

Untuk di wilayah Kabupaten Gunungkidul Sumartini menuturkan sudah ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh LKS KINASIH antara lain yaitu, ASLUT, Home Care, JSLU, Bedah Kamar, Family Suport, UEP, Perawatan Sosial LU, Progres LU, Pemberdayaan Lansia Berbasis Keluarga Menuju Desa Ramah Lansia dan masih ada beberapa kegiatan yang lain.

Pada acara Monitoring dan Evaluasi Post Test B2P3KS Yogyakarta yang dihadiri oleh Dr. Utami Dewi selaku Kepala B2P3KS Kementrian Sosial Republik Indonesia dan Ir. Asti wijayanti, MA selaku kepala Dinas Sosial Gunungkidul, Sumartini, S.sos selaku ketua LKS KINASIH berharap agar LKS KINASIH dapat segera memiliki kantor yang sesuai standart, memiliki tenaga profesional, mendapatkan insentif tetap sesuai UMR, dan yang paling utama dapat melayani seluruh lansia baik yang potensial maupun non potensial dengan baik seauai dengan 8 dimensi hak hak lansia, juga dapat lebih membuat lansia bahagia dan sejahtera di usia tua, tuturnya.

Di ahir penyampaianya Sumartini juga mengatakan bahwa LKS KINASIH sebagai Pilot Projec tentang Program Penelitian Pemberdayaan Lansia Berbasis Keluarga Menuju Desa Ramah Lansia, agar nantinya dapat berkembang di seluruh Indonesia.

“Menjadi tua itu pasti, tetapi menjadi lansia yang berdayaguna itu adalah pilihan,” pungkas nya.

Rep/ Agus Yuliantoro

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Budaya

Pemberhentian Dan Pengangkatan Pengganti Antar Waktu Anggota Badan Permusyawaratan Kalurahan Bohol

Published

on

Spread the love

Gunungkidul, (suarametropolitan.com) _// Pemerintah Kalurahan Bohol melaksanakan pemberhentian dan pengangkatan pengganti antar waktu anggota BPKAL Kalurahan Bohol periode 2019 – 2025 yang bertempat di Balai Kalurahan Bohol, Kapanewon Rongkop, Kabupaten Gunungkidul, DIY pada hari Senin tanggal 13/12/2021.

Hadir dalam acara tersebut Agung Danarta,S sos Mse selaku Panewu Rongkop, Widodo, S.ip selaku Lurah Bohol, Babinsa, Lembaga, Bamuskal Kalurahan Bohol.

Kepada awak media Widodo selaku Lurah Bohol mengatakan bahwa pemberhentian dan pengangkatan Pengganti Antar Waktu ini dilaksanakan karena adanya salah satu anggota Bamuskal yaitu Mega Puspitasari yang mengundurkan diri dan digantikan Ninik Wahyuni.

Pada acara tersebut untuk pengambilan sumpah di lakukan oleh Agung Danarta selaku Panewu Rongkop dan Mohammad Bahtiar Rifai selaku Rohaniawan islam, serta dua orang saksi.

Dalam sambutanya Agung Danarta mengucapkan selamat kepada Pengganti Antar Waktu Bamuskal Bohol dan berharap agar dengan Pengganti Antar Waktu ini Bamuskal akan lebih bersemangat baik dalam mencari aspirasi masyarakat maupun dalam kegiatan non formal dan juga dapat melakukan pengawasan jalanya pemerintahan Kalurahan Bohol.

Acara berjalan lancar dan juga mentaati protokol kesehatan.

Rep/ Agus y

Continue Reading

Budaya

Kalurahan Pringombo Bagikan Sembako Kepada Warga Jompo Dan Lansia

Published

on

Spread the love

Gunungkidul, (suarametropolitan.com) _// Sebanyak 80 orang penyandang Jompo dan Lansia warga Pringombo menerima bantuan berupa paket sembako dari Pemerintah Kalurahan Pringombo yang dilaksanakan di Balai Kalurahan Pringombo, Kapanewon Rongkop, Kabupaten Gunungkidul, DIY pada hari Senin tanggal 13/12/2021.

Hadir dalam acara tersebut Ermina Kristiani Susanti selaku Lurah Pringombo, segenap jajaran Pamong Kalurahan Pringombo, Bhabin serta Babinsa Kalurahan Pringombo.

Kepada awak media Suara Metropolitan Ermina Kristiani Susanti mengatakan bahwa pemberian paket sembako kepada para jompo dan lansia ini bersumber dana dari Dana keistimewaan ( Danais ).

Ermina juga menambahkan bahwa 80 orang yang menerima bantuan paket sembako ini merupakan penyandang jompo dan lansia dari 10 Padukuhan di Kalurahan Pringombo. Ermina juga berharap dengan pemberian paket sembako ini agar para jompo dan lansia di Kalurahan Pringombo dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik supaya dapat membantu meringankan keburuhan pokok sehari hari mereka.

” Warga yang menerima paket sembako ini merupakan penyandang jompo dan lansia dari 10 Padukuhan di Kalurahan Pringombo ” tutur nya.

Acara yang dimulai sejak pagi tadi berjalan dengan lancar dan tetap mentaati protokol kesehatan.

Agus y

Continue Reading

Budaya

Wakil Bupati Gunungkidul Hadir Dalam Acara Sedekah Laut Atau Nyadran Di Pantai Selatan

Published

on

Spread the love

Gunungkidul, (suarametropolitan.com) _// Pemerintah Kalurahan Sidoharjo berkolaborasi dengan Padukuhan Pulegundes 1 dan Pulegundes 2 menggelar acara tahunan Nyadran di Pantai Sadranan Kalurahan Sidoharjo, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DIY pada hari Minggu tanggal 12/12/2021.

Hadir dalam acara tersebut Wakil bupati Kabupaten Gunungkidul Heri Susanto, Dinas Kebudayaan, Dinas Pariwisata, Dewan Kebudayaan, Kapanewon Tepus, Jajaran Polsek Tepus, Koramil dan Evi Nurcahyani Sip selaku Lurah Sidoharjo beserta jajaran Pamong Kalurahan Sidoharjo, Bamuskal dan Lembaga Kalurahan Sidoharjo.


Acara Nyadran dimulai dengan Ritual Genduren dan Larungan/ Labuhan di Pantai Sadranan yang dipimpin oleh Mbah Sukam selaku juru kunci Pantai Sadranan dan diikuti oleh segenap masyarakat Padukuhan Pulegundes 1 dan 2.

Heru Eko Susilo selaku carik Kalurahan Sidoharjo kepada awak media ia mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan maksut untuk melestarikan kebudayaan adat setempat. Heru Eko Susilo juga menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk rasa syukur dari para warga masyarakat Pulegundes 1 dan 2 atas berkah yang mereka terima selama ini.

Acara yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB berjalan lancar dan akan diahiri dengan pagelaran hiburan Tayub yang akan dilaksanakan di Balai Padukuhan Pulegundes 2 pada malam harinya.

(Agus Y/red)

Continue Reading

Berita Terpopuler