Ekonomi & Bisnis

Pembukaan Pameran Semarak Semangat Maju Bergerak Bakti Pertiwi Sibakul Jogja resmi dibuka

×

Pembukaan Pameran Semarak Semangat Maju Bergerak Bakti Pertiwi Sibakul Jogja resmi dibuka

Sebarkan artikel ini

Yogyakarta (Metro Indonesia) – Pembukaan acara Semarak Semangat Maju Bergerak Bhakti Pertiwi SiBakul Jogja secaa resmi telah dibuka oleh Tri Saktiyana, Astistem Perekonomian dan Pembangunan Setda Daerah Istimewa Yogyakarta pada hari Kamis 3 November 2021.
Acara berlangsung cukup meriah di atrium Malioboro Mall diawali dengan tarian tradisional, fashion show, dan unjuk bakat anak-anak penyandang disabilitas SLB Negeri 1 Bantul.
Dalam Sambutanya, Tri Saktiyana menyampaikan bahwa Perekonomian DIY selama pandemi Covid-19 mengalami kontraksi cukup kuat khususnya di pariwisata dan Pendidikan, dan disisi lain juga terdapat sektor berkontraksi lemah yaitu pertanian dan sektor usaha rumahan atau UMKM. “Secara umum perkonomian DIY saat ini sudah mulai bergeliat dan menunjukan kemajuan yang positif,” jelasnya.
Perhelatan acara ini diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Daerah Istimewa Yogyakarta yang bertujuan sebagai ajang menunjukan produk UMKM serta memberikan edukasi dan pembinaan terhadap UMKM dari hulu sampai hilir. Selain itu juga menggali potensi yanga ada di DIY khususnya sector jasa. Hal tersebut disampaikan oleh Sri Nurkyatsiwi selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY dijumpai disela-sela acara.
Lebih lanjut Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY menekankan juga pentingnya daya saing, daya juang pelaku UMKM agar terus tumbuh dan naik kelas, serta terus melakukan kolaborasi. “Karena saat ini kita tidak dapat melakukan semuanya sendiri sehingga butuh kerjasam dengan berbagai pihak,” tandas Sri Nurkyatsiwi.
Pameran Produk UMKM berlangsung selama 3-5 Nobermber 2021 di atrium Malioboro Mall yang menampilkan berbagai produk unggulan seperti Kuliner, Craft, dan fashion. Dalam bertransaksi selama pameran kepada masyarakat saat membeli produk UMKM dapat menggunakan tunai dan non-tunai, hal ini untuk mulai mengedukasi UMKM untuk rapi dalam pembukuan atau pencatatan transaksi keuangannya.
Pada hari kedua, selain pengunjung juga dapat menikmati berbagai acara pendukung seperti workshop kreasi kain shibori, lomba tari kreasi nusantara, Aisyah Fashion Festival, dan pentas music di panggung utama diarea pameran. Pada hari ketiga, akan disi dengan talkshow entrepreneur perempuan, Fun Batle Decorating Birthday cake, Yoloffest dan pentas musik.
(Dimas)

Ikuti Kami di Google News klik https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMPvkpwwwje21BA?hl=en-ID&gl=ID&ceid=ID%3Aen