BeritaBerita DaerahTNI

Pencegahan Karhutlah di Jambi, Lanud SMH Palembang Kirim Personel Operasi TMC

×

Pencegahan Karhutlah di Jambi, Lanud SMH Palembang Kirim Personel Operasi TMC

Sebarkan artikel ini
Komandan Lanud SMH Kol Pnb Rizaldy Efranza, S.T., M.N.S.S., saat di wawancarai, Rabu 19 Juni 2024, (Foto.Yon).

Palembang,SuaraMetropolitan

Untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Jambi Lanud Sri Mulyono Herlambang (SMH) bersama BMKG melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Operasi TMC dilaksanakan oleh BMKG saat ini persiapan berangkat ke Jambi Alhamdulillah di Palembang masih sering hujan jadi belum terjadi karhutlah,”kata Komandan Lanud SMH Kol Pnb Rizaldy Efranza, S.T., M.N.S.S.,. Saat diwawancarai, Rabu (19/06/2024).

Dia mengaku pelaksanaan Operasi TMC sudah direncanakan sejak satu bulan lalu maka dari itu Lanud SMH mengirimkan Anggota dan kendaraan ke wilayah Jambi.

Baca juga: Pangdam II/Sriwijaya Pimpin Sidang Pantukhirda Calon Taruna Akademi TNI TA 2024

“Sudah kita rencanakan dari sebulan yang lalu dan kita bergerak dari kemarin dari tim Lanud SMH sudah berjalan lebih dulu ke sana dengan dua kendaraan dengan 10 orang anggota,”ucapnya.

Menurut Danlanud, Operasi TMC ini bukan hanya pencegahan Karhutlah tapi juga pencegahan Banjir, Misal suatu wilayah sudah terlihat awannya hujannya, maka dilakukan Operasi TMC sehingga awan yang bakal hujan di suatu titik tertentu sudah dijatuhkan terlebih dahulu maka di wilayah yang diperkirakan bakal banjir tidak terjadi hujan.

“Untuk operasi Teknologi Modifikasi Cuaca selain untuk pemadaman karhutlah juga untuk pencegahan banjir, misalnya di Kertapati nih bakal banjir jadi kita lakukan pencegahan sebelum sampai di Kertapati sudah kita jatuhkan awannya jadi tidak terjadi hujan disana,”ungkapnya.

Baca juga: Gantikan Ratu Dewa, Ucok Abdul Rauf Resmi Jabat Pj Walikota Palembang

Operasi TMC ini, Kata Danlanud cukup efektif untuk pencegahan kebakaran maupun banjir hingga mencapai 80 persen dengan tekhnologi yang dimiliki oleh Lanud SMH saat ini.

“Cukup efektif untuk pencegahan kebakaran atau pun hujan, mencapai 80 persen dengan peralatan saat ini,”ulasnya.

Sementara di Sumsel belum ditemukan titik panas karena saat masih sering turun hujan, namun Lanud SMH tetap Siap untuk pencegahan Karhutlah menjelang musim panas.

“Alhamdulillah di Palembang masih sering hujan jadi belum terjadi karhutlah,Titik panas belum terlihat di Sumsel tapi kita sudah siap mulai dari operasi modifikasi cuaca nanti bakalan ada waterboom Bing Tapi saat ini belum ada yang standby di sini karena memang Sumsel masih aman belum ada titik panas,”pungkasnya.

Ikuti Kami di Google News klik https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMPvkpwwwje21BA?hl=en-ID&gl=ID&ceid=ID%3Aen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *