Connect with us

Pendidikan

Picu Pelaku Ekonomi Kreatif Tugiman Centre Gelar Pelatihan Pembuatan Sabun Di Kecamatan Rongkop

Published

on

Spread the love

SuaraMetropolitan.com, Rongkop – (17/02/2020)
Kelompok ibu – ibu sangat antosias mengikuti pelatihan pembuatan sabun, yang diadakan oleh Kolonel. Dr, H Tugiman SH. M.Si, di Desa Pucanganom, Kecamatan Rongkop, Kabupaten Gunungkidul.

Pelatihan ini dalam rangka bentuk kepedulian Kolonel Tugiman kepada warga masyarakat Gunungkidul, agar memiliki jiwa mandiri di bidang ekonomi kerakyatan, atau UKM.

Mengenai hal tersebut Kolonel Tugiman, tidak mempunyai tujuan lain kecuali ingin ikut serta memajukan pendapatan secara riil kepada masyarakat khususnya, supaya bisa mengikuti arus global atau pasar bebas yang sedang berlangsung di periode ini.

Kolomel Tugiman akan terus berkontribusi melalui ide – ide dan gagasanya untuk masyarakat Gunungkidul, melalui koorcam dan koordes yang sudah terbentuk di setiap Kecamatan dan Desa.

Melalui Koorcam atau koordes warga masyarakat di persilahkan bergabung belajar bersama secara geratis dengan ketentuan yang berlaku di setiap koorcam atau koordes.

(Supadi Tw)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Budaya

Cuwelo Lor dan Plebengan Kidul Memiliki Kepala Dusun Baru

Published

on

Spread the love

 

Gunungkidul, ( suarametropolitan.com ) _ _// Cuwelo Lor dan Plebengan Kidul keduanya merupakan Padukuhan di Kalurahan Candirejo, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunungkidul, DIY memiliki Kepala Dusun yang baru saja dilantik oleh Pemerintah Kalurahan.

Pada acara pengambilan sumpah dan pelantikan dua kepala dusun yaitu Dusun Cuwelo Lor dan Dusun Plebengan Kidul tersebut juga sekaligus melantik Kepala Urusan Danarta Kalurahan Candirejo pada hari Selasa (09/11/2021) Bertempat di aula gedung Kalurahan.

Ketiga pamong tersebut telah melaksanakan Ujian tertulis dan praktek pada tanggal 28 Oktober 2021,yaitu untuk Kaur Danarta diperoleh nilai tertinggi atas nama Arif Rahman Octobrianta warga Dusun Bulu,Kalurahan Candirejo.

Untuk Kepala Dusun Cuwelo Lor, kalurahan Candirejo yang mendapat nilai tertinggi dan unggul dari dua peserta lainya dengan nilai 74 yaitu Idi Nastoto , sedangkan Angga warga Dusun Plebengan Kidul yang unggul juga dari dua peserta lainnya dengan nilai 82 resmi di lantik menjadi kepala Dusun Plebengan Kidul.

Kepada ketiga Pamong terlantik Renix David selaku Lurah Candirejo berpesan dan mengajak ketiganya untuk dapat segera menyatukan tenaga dan fikiran,juga dapat segera bersinergi ,bekerja sama dengan Pemerintah Kalurahan agar apa yang menjadi cita cita dan program Kalurahan Candirejo dapat segera tercapai.

Acara pengambilan sumpah dan pelantikan tersebut berjalan dengan lancar dan tetap menjalankan protokol kesehatan.

(Rep/Agus Yuliantoro)

Continue Reading

Budaya

Dinas Kelautan DIY Adakan Pelatihan Pengolahan Ikan Kepada KWT MENUR

Published

on

Spread the love

Gunungkidul, (suarametropolitan.com ) – // Dinas Kelautan DIY adakan pelatihan tentang pengolahan ikan kepada Kelompok Wanita Tani ( KWT ) MENUR di sekertariat KWT MENUR Dusun Ngepung Rt 10 Rw 3, Kalurahan Bunder Kapanewon Patuk, Kabupaten Gunungkidul, DIY pada hari ini jumat ( 05/11/2021 ) yang dimulai pada pukul 08.00 sampai selesai.

Hadir dalam acara tersebut Sumbogo selaku Kasi Pengolahan Dinas Kelautan DIY, Handoko selaku Kabid Perikanan Tangkap Kabupaten Gunungkidul dan Sukono selaku Instruktur Kegiatan Alih Teknologi dan Informasi tentang pengolahan ikan, Juga perwakilan dari anggota KWT MENUR.

Sumbogo mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat agar dapat meningkatkan ekonomi dengan cara pengolahan ikan.Sumbogo juga mengajak kepada masyarakat untuk mulai meningkatkan gemar makan ikan,karena banyak sekali kandungan yang ada pada ikan yang mana dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Selama pelatihan para anggota yang hadir sangat antusias sekali mengikuti apa yang disampaikan Sukono selaku Instruktur kegiatan.

Aris Mintarjo selaku pembina KWT MENUR kepada awak media menuturkan, bahwa masyarakat sangat senang sekali dengan adanya kegiatan ini,karena Kelompok Wanita Tani mereka sudah mulai diperhatikan Pemerintah.

Pembina KWT MENUR ini juga berharap supaya kelompok tani ini dapat lebih maju lagi agar nantinya bisa menjadi Konsultan Produsen, pungkasnya.

Agus Yuliantoro

Continue Reading

Budaya

Kalurahan Sidoharjo Kapanewon Tepus Adakan Pelatihan UMKM

Published

on

Spread the love

Gunungkidul, Suarametropolitan.com –//– Sebanyak 60 orang pelaku usaha di Kalurahan Sidoharjo Kapanewon Tepus Kabupaten Gunungkidul mengikuti acara pelatihan UMKM pada hari ini selasa (12/10/2021) yang bertempat di Balai Kalurahan Sidoharjo.

Adapun acara tersebut dilaksanakan dalam dua sesi guna menghindari adanya kerumunan yang mana untuk sesi pertama dilaksanakan mulai pukul 09.00 sampai selesai dan dihadiri 30 peserta, sedangkan sesi kedua dimulai pada pukul 13.00 sampai selesai.

Narasumber yang hadir pada acara tersebut Evi Nurcahyani, SIP selaku Lurah Kalurahan Sidoharjo dan Sulastana selaku Ulu ulu Kalurahan Sidoharjo Kapanewon Tepus.

Heru eko susilo selaku Carik Kalurahan Sidoharjo Kapanewon Tepus kepada awak media Suarametropolitan.com mengatakan tujuan diadakanya pelatihan ini agar para pelaku usaha di Kalurahan Sidoharjo Kapanewon Tepus bisa untuk masuk terdaftar dalam OSS.

“Saya berharap supaya nantinya para pelaku usaha dapat menerapkan apa yang mereka dapat dari acara pelatihan ini sehingga nantinya akan dapat meningkatkan perekonomian bagi para pelaku usaha di Kalurahan Sidoharjo,” Harapnya.

Hingga berita ini diturunkan pelaksanaan pelatihan masih berjalan lancar dan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Agus y

Continue Reading

Berita Terpopuler