Connect with us

Nasional

Presiden Jokowi Larang Bank Kejar Angsuran Setahun, Apalagi Pakai Debt Collector!

Published

on

Spread the love

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memberikan relaksasi kredit bagi pelaku UMKM yang nilai kreditnya di bawah Rp10 miliar, sebagai respons atas pandemi virus corona atau Covid-19 yang sedang melanda dunia.

Kepala Negara juga menjamin adanya pengurangan bunga dan penundaan cicilan selama setahun mulai dari tukang ojek dan sopir taksi yang mempunyai kredit kendaraan bermotor, hingga nelayan yang mempunyai cicilan kapal.

Ia pun melarang pihak bank maupun non bank untuk mengejar angsuran bagi para nasabahnya. Apalagi, lanjut Jokowi, menggandeng pihak debt collector untuk menagih cicilan para nasabah.

“Kepada tukang ojek dan taksi yang kredit motor, mobil, nelayan kredit perahu tidak perlu khawatir, bank dan industri keuangan nonbank dilarang kejar-kejar angsuran apalagi menggunakan debt collector itu dilarang,” kata Jokowi saat menggelar konfrensi pers melalui video teleconference di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Jokowi memerintahkan aparat kepolisian untuk menindak para penagih hutang yang masih menagih cicilan para nasabah di bank yang meminta jasa penagihannya.

“Dan saya minta kepolisan catat,” ujarnya.

 

Jurnalis – Fakhrizal Fakhri

Sumber : Okezone.com

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Budaya

BPN Gunungkidul Targetkan zona Integritas Bebas Korupsi dan Birokrasi Bersih

Published

on

Spread the love

Gunungkidul, (suarametropolitan.com)_// Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Gunungkidul menggelar jumpa pers tentang pembangunan zona integritas wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani di ruang Rapat R kantor ATR /BPN Gunungkidul jl Demang Wonopawiro lingkar utara Piyaman Wonosari pada Kamis 18 November 2021.

Dalam kegiatan ini, Ahmad Suraya, SE selaku Kepala Kantor ATR/BPN Gunungkidul, beserta jajarannya memberikan keterangan tentang tujuannya menjadikan kantor ATR/BPN Gunungkidul menjadi wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani tentang pertanahan dan meminta dukungan dari berbagai pihak agar tercipta kondisi yang diinginkan tersebut.

Dengan komitmen tersebut jajaran Kantor ATR/BPN Gunungkidul berusaha mendekatkan target dengan berbagai upaya baik pencegahan korupsi maupun meningkatkan kualitas layanan. Ada 6 hal area perubahan. Pertama menejemen perubahan,kedua penataan tata laksana yang meliputi pembekalan pegawai dalam pemanfaatan teknologi informasi dan keterbukaan informasi publik. Ketiga penataan sistem manajemen SDM dan empat penguatan akuntabilitas kinerja. Selanjutnya ke lima penguatan pengawasan meliputi belibatan pimpinan dan seluruh unsur yang terkait dalam pemyusunan rencana program dan anggaran serta melaksanakan pengelolaan anggaran yang lebih akuntabel( nilai IKPA 93,91) selain itu melakukan sosialisasi publik campaign pengendalian gratifikasi dan pembentukan unit pengendalian gratifikasi ( UPG),Tim whistle blowing system,tim penanganan benturan kepentingan,tim pengelolaan pengaduan masyarakat internalisasi pengendalian gratifikasi, pencegahan korupsi dan WBS dari kejaksaan negeri Gunungkidul.
Enam peningkatan kualitas dan kompetensi SDM guna mewujudkan pelayan prima ,penambahan fasilitas layanan publik, pembentukan team penyelesaian tunggakan menjadi termonitor,terpetakan dan progres penyelesaian lebih cepat.

Dijelaskan pula bahwa Kantor ATR / BPN Gunungkidul mempunyai program inovasi pelayanan yaitu

Posko Handayani ( hadir mendekat untuk melayani) melayani, profesional, terpercaya yang di buka setiap hari kamis di kalurahan melikan.

Layanan “laskar gundul “adalah delivery service petugas kantor pertanahan kabupaten Gunungkidul memberikan layanan antar sertifikat ke rumah di gunungkidul kepada pemohon khususnya pemohon difabel dan lanjut usia.

Layanan “pasti jadi” adalah layanan “pengambilan sesuai bukti jalankan anda sendiri” merupakan inovasi dengan memberikan jaminan waktu penyelesaian dan pengambilan produk layanan kepada masyarakat / pemohon dengan memberikan cap tanggal waktu pengambilan dengan prioritas layanan kepada masyarakat/ pemohon yang datang sendiri ke kantor pertanahan ( tanpa kuasa).

Rep/Agus Yuliantoro

Continue Reading

Bencana

Dalam Rangka HUT Ke 71 SAT POLAIRUD Polres Gunungkidul Adakan Vaksinasi Dor To Dor

Published

on

Spread the love

Gunungkidul, (suarametropolitan.com) _// Dalam rangka HUT ke 71 SAT POLAIRUD Polres Gunungkidul adakan giat vaksinasi dor to dor di Padukuhan Pampang, Kalurahan Pampang, Kapanewon Paliyan, DIY pada hari Kamis (18/11/2021).


Hadir dalam acara tersebut Penda TK I Ngatimin,A.Md.Kep, Penata TK I dr Widyarti, Pengatur Paramita Martha D. A.Md.Kep, Jesyka Sekar Pangestu,A.Md.Kep, Iptu Jaka Sarjono selaku Kasat POLAIRUD Gunungkidul bersama 9 anggota Sat Polairud Polres Gunungkidul, Bripka Bone Ukron selaku Bhabinkamtibmas Kalurahan Pampang, Serma Ismanto selaku Bhabinsa Kalurahan Pampang, Endi Widayanto selaku Kepala Dusun Pampang.

Kepada awak media Iptu Jaka Sarjono menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kerjasama antara Sat Polairud Polres Gunungkidul bekerjasama dengan Nakes Polres Gunungkidul melaksanakan giat Vaksin Covid – 19 dalam rangka rangkaian kegiatan HUT ke 71 AIRUD Tahun 2021 dengan sasaran lansia dan Difabel yang dilaksanakan dari rumah ke rumah / dor to dor.

Iptu Jaka Sarjono juga menyampaikan bahwa dari hasil giat ini berhasil tervaksin sebanyak 10 orang kemudian yang tertunda 5 orang.

Disampaikan juga bahwa kegiatan tersebut berjalan dengan tetap mentaati protokol kesehatan dan berjalan aman dan lancar.

Rep/Agus Yuliantoro

Continue Reading

Nasional

5 Orang Luka Luka Setelah Terlibat Kecelakaan

Published

on

Spread the love

Gunungkidul, (suarametropolitan.com) -// Lima orang mengalami kuka luka setelah terlibat kecelakaan di jalan Karangmojo – Ponjong tepatnya di wilayah Padukuhan Srimpi, Karangmojo, Gunungkidul, DIY pada Selasa (16/11/2021).

Adapun kelima orang tersebut adalah Arif Budi Santoso (23) yang berboncengan dengan Egi Akbar Pratama (16) keduanya warga Selang, Wonosari, Gunungkidul dan diketahui merupakan pengendara Yamaha Mio dengan Nopol AB 2260 NW.
Kemudian Musyaffa Abidhan Rahmat (18) yang merupakan pengendara honda Beat Nopol: AB 4312 M yang berboncengan dengan Muafif Rona Nuansa (17) keduanya warga Ponjong.
Selanjutnya Hadyan Edi Candra (17) yang mengendarai Honda Supra Nopol: AB 6738 W yang diketahui merupakan warga Jomblang Lor, Karangasem ,Ponjong, Gunungkidul.

Dari keterangan yang diberikan Kanit Lantas Polsek karangmojo, AKP Gani Supriyantara kejadian bermula saat pengendara Yamaha Mio melaju dari arah timur/Ponjong menuju barat/karangmojo bermaksud mendahului
kendaraan yg ada di depannya,
Saat sampai pada jalan menikung, dari arah berlawanan muncul pengendara Honda
Beat. Karena jarak yang terlalu dekat, tabrakan tidak bisa dihindarkan.

Kemudian, pada saat bersamaan dari arah barat/Karangmojo melaju pengemudi Honda Supra yang tidak bisa mengendalikan sepeda motornya karena jarak terlalu dekat, sehingga pengemudi tersebut juga terjatuh,” jelasnya.

Kelima korban kemudian dilarikan ke rumah sakit Panti Rahayu untuk segera mendapatkan perawatan.

Rep/ Agus Yuliantoro

Continue Reading

Berita Terpopuler