Berita

Promprov Sumsel Mendapatkan Penghargaan Proklim 2023 dari Kementerian LHK

×

Promprov Sumsel Mendapatkan Penghargaan Proklim 2023 dari Kementerian LHK

Sebarkan artikel ini

Jakarta,SuaraMetropolitan

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni menerima penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada Tahun 2023. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya di Gedung Mandala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mendapat sejumlah penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup. Salah satunya adalah meraih penghargaan apresiasi pembinaan ProKlim Tingkat Provinisi tahun 2023.

Provinsi Sumatera Selatan mampu mempertahankan posisinya lima tahun berturut-turut sejak tahun 2019, 2020, 2021, 2022 dan 2023. Gubernur Sumatera Selatan sebelumnya juga berhasil mempertahankan penghargaan tersebut.

Baca juga : PJ Walikota Palembang Ratu Dewa Dorong Pelaku UMKM Terus Ikuti Perkembangan Digital

“Penghargaan ini diberikan kepada Pemerintah Daerah yang telah menetapkan kebijakan/peraturan serta melaksanakan pembinaan dan pendampingan untuk mendukung pelaksanaan Program Kampung Iklim (ProKlim) diwilayahnya yang menjadi kontribusi nyata Pemerintah Daerah dalam upaya pengendalian perubahan iklim,” ucap Menteri LHK.

Selain itu, penghargaan apresiasi pembinaan ProKlim juga diberikan kepada 8 Bupati/Walikota di Provinsi Sumatera Selatan secara faktual. Diantaranya, Walikota Palembang, Walikota Prabumulih, Bupati Lahat, Bupati Musi Rawas Utara, Bupati Musi Banyuasin, Bupati Muara enim, Bupati Ogan Komering Ulu, dan Bupati Ogan Ilir.

Selain itu, sejumlah wilayah di Provinsi Sumatera Selatan juga berhasil meraih sejumlah penghargaan Tropy ProKlim Lestari dan Tropy ProKlim Utama. Peraih Penghargaan Tropy Proklim Lestari, di antaranya, Kelurahan Talang Bubuk, Kecamatan Plaju, Kota Palembang.

Baca juga : Ratu Dewa Tinjau Proyek IPAL, Persiapan Kunjungan Presiden Jokowi

Sementara itu, peraih penghargaan Tropy Proklim Utama diberikan kepada 4 lokasi ProKlim, yaitu Kelurahan Petalang Ilir, Kecamatan Lubuklinggau Utara I, Kota Lubuklinggau. Selanjutnya, Desa Arahan Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat, Desa Bumi Kencana Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin dan Desa Sukamaju Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Selanjutnya, KLHK juga memberikan Penghargaan Pendukung ProKlim kepada Dunia Usaha sebanyak 6 perusahaan yang mendukung ProKlim melalui CSR di Provinsi Sumsel. Di antaranya, yaitu PT Perta-Samtan Gas, PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju, Pertamina Patra Niaga DPPU Sultan Mahmud Badaruddin II, PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Palembang dan PT Priamanaya Energi Site Lahat Group. 

Sebagai informasi, Program Kampung Iklim (ProKlim) adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca. Selain itu, program ini memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah. (Y.R)

Ikuti Kami di Google News klik https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMPvkpwwwje21BA?hl=en-ID&gl=ID&ceid=ID%3Aen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *