Connect with us

Kesehatan

Ritual Tahunan ‘Resik Tlogo’ Di Telaga Jonge, Pacarejo

Published

on

Spread the love

Gunungkidul, Suarametropolitan.com, — Acara adat yang diselenggarakan pada masa pandemi ini merupakan penyelenggaraan rutin disetiap tahun yakni ‘Resik Trogo’ (bersih telaga) di wilayah pasar digital telaga jonge, yang terletak di kwangen lor, Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunungkidul, D.I Yogyakarta, (13/8).

Pada kesempatan ini masarakat mengadakan upacara ritual yaitu sedekah dengan tumpeng dan berbagai makanan sebagai bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas segala karunia yang dilimpahkaNya.

Ditengah kegiatan tersebut terlihat aksi personil polisi dari babinkamtibmas sedang menghimbau agar tetap menerapkan SOP terkait kesehatan dan membagikan masker terhadap warga masyarakat yang ada.

 

Menurut salah satu tokoh masyarakat setempat acara tersebut selain acara bidaya tahunan juga merupakan do’a bersama agar pandemi virus corona segera hilang dimula bumi ini.

Ketika ditemui awak media Winarta (tokoh masyarakat setempat), mengatakan ritual bersih telaga kali ini diselenggarakan dengan sederhana namun sangat khidmad.
“Ritual dimulai dengan penyembelihan 3 ekor kambing dan kepalanya dilabuh di telaga sementara dagingnya dimasak untuk dimakan bersama-sama warga yang mengikuti acara bersih telaga,” ungkapnya.
Lebih lanjut Ia mengatakan bahwa acara tersebut adalah bentuk rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

“Tujuan dari acara tersebut adalah sebagai bentuk rasa syukur atas segala karunia dan nikmat yg telah dilimpahkan oleh Tuhan YME selama ini dan juga memohon agar semua warga terhindar dari segala mara bahaya dan wabah covid 19 saat ini segera dihilangkan dari muka bumi ini,”paparnya.
(Redaksi).

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Budaya

Monitoring dan Evaluasi Post Test B2P3KS Yogyakarta di Kalurahan Dengok

Published

on

Spread the love

Gunungkidul, (suarametropolitan.com) _// Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial (B2P3KS) Yogyakarta mengadakan Monitoring dan Evaluasi Post Test di Padukuhan Dengok 2, Kalurahan Dengok, Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul, DIY pada hari Jumat (19/11/2021).

Hadir dalam acara tersebut Kepala B2P3KS Kementrian Sosial Republik Indonesia Dr.Utami Dewi, Ir. Asti Wijayanti MA selaku Kepala Dinas Sosial Gunungkidul, Suyanto, ST selaku Lurah Dengok, Tim Peneliti dari UIN Yogyakarta, Martini S.sos selaku Ketua LKS Kinasih.

Dalam acara tersebut Kepala B2P3KS KEMENSOS RI menyampaikan beberapa hal tentang kewajiban dan hak hak Lansia kepada para peserta yang merupakan keluarga yang memiliki tanggungan Lansia di keluarga masing masing.

Kemudian dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Sosial Gunungkidul juga menyampaikan terimakasih atas diadakanya acara ini dan berharap agar acara seperti ini dapat berlanjut ke Kalurahan Kalurahan yang lain supaya masyarakat khususnya yang mempunyai Lansia punya pendamping tentang apa dan bagaimana dalam mengurus Lansia agar yang masih bisa diberdayakan nantinya akan diberikan pendampingan sedangkan untuk yang sudah tidak potensi nantinya akan diberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan masing masing.

Kepada awak media Asti Wijayanti juga mengatakan bahwa untuk Kabupaten Gunungkidul memang saat ini belum ada Perda Lansia, tapi sekarang sudah mulai untuk dibuat Perda Lansia.

“Di gunungkidul sekarang baru dalam tahapan pembuatan Perda Lansia” tururnya.

Dengan adanya Perda Lansia nantinya diharap agar 8 hak yang dimiliki lansia bisa terpenui, dan nantinya agar para Lansia di gunungkidul bisa memiliki peran juga, karena dalam pengamatan untuk saat ini masih banyak lansia yang tidak mendapat hak haknya sehingga mereka merasakan kesepian, dan karena sering kesepian maka akan berdampak ke psikis mereka dan ahirnya berujung sakit sakitan, pungkasnya.

Rep/Agus Yuliantoro

Continue Reading

Bencana

Dalam Rangka HUT Ke 71 SAT POLAIRUD Polres Gunungkidul Adakan Vaksinasi Dor To Dor

Published

on

Spread the love

Gunungkidul, (suarametropolitan.com) _// Dalam rangka HUT ke 71 SAT POLAIRUD Polres Gunungkidul adakan giat vaksinasi dor to dor di Padukuhan Pampang, Kalurahan Pampang, Kapanewon Paliyan, DIY pada hari Kamis (18/11/2021).


Hadir dalam acara tersebut Penda TK I Ngatimin,A.Md.Kep, Penata TK I dr Widyarti, Pengatur Paramita Martha D. A.Md.Kep, Jesyka Sekar Pangestu,A.Md.Kep, Iptu Jaka Sarjono selaku Kasat POLAIRUD Gunungkidul bersama 9 anggota Sat Polairud Polres Gunungkidul, Bripka Bone Ukron selaku Bhabinkamtibmas Kalurahan Pampang, Serma Ismanto selaku Bhabinsa Kalurahan Pampang, Endi Widayanto selaku Kepala Dusun Pampang.

Kepada awak media Iptu Jaka Sarjono menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kerjasama antara Sat Polairud Polres Gunungkidul bekerjasama dengan Nakes Polres Gunungkidul melaksanakan giat Vaksin Covid – 19 dalam rangka rangkaian kegiatan HUT ke 71 AIRUD Tahun 2021 dengan sasaran lansia dan Difabel yang dilaksanakan dari rumah ke rumah / dor to dor.

Iptu Jaka Sarjono juga menyampaikan bahwa dari hasil giat ini berhasil tervaksin sebanyak 10 orang kemudian yang tertunda 5 orang.

Disampaikan juga bahwa kegiatan tersebut berjalan dengan tetap mentaati protokol kesehatan dan berjalan aman dan lancar.

Rep/Agus Yuliantoro

Continue Reading

Budaya

Giat Sosialisasi Tentang Retribusi Pelayanan Persampahan Di Kalurahan Sidoharjo

Published

on

Spread the love

Gunungkidul, (suarametropolitan.com) _// Sosialisasi PERDA No 2 tahun 2020 tentang perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Gunungkidul Nomor 13 tahun 2012 tentang Retribusi Pelayanan Persampahan / Kebersihan dilaksanakan di Balai Padukuhan Bintaos, Kalurahan Sidoharjo, Kapanewon Tepus,Kabupaten Gunungkidul, DIY pada hari Senin (15/11/2021).

Hadir dalam acara tersebut Aggota Dewan dari Partai NASDEM Heri Purwanto, Dwi Wiyani, ST,Meng selaku Kepala Seksi Pengembangan Lingkungan Hidup, Evi Nurcahyani, SIP selaku Lurah Kalurahan Sidoharjo, LPMP, Karangtaruna, PKK dan tokoh masyarakat Padukuhan Bintaos Kalurahan Sidoharjo.

Pada acara tersebut Heri Purwanto selaku Anggota Dewan dari Partai Nasdem mengatakan bahwa ia akan menyampaikan beberapa usulan dari masyarakat tentang penanganan sampah pada saat diadakan sidang paripurna.

” Apa yang menjadi usulan warga nanti akan saya usulkan pada saat sidang paripurna, agar permasalahan tentang pengolahan sampah di Kalurahan Sidoharjo dapat segera berkurang ” tuturnya.

Kemudian dalam sambutanya Dwi Wahyuni selaku KASI Pengembangan Lingkungan Hidup juga mengatakan bahwa kendala yang ada di UPT saat ini adalah keterbatasan armada pengangkut.karena saat ini jumlah armada pengangkut di UPT baru ada 14 unit, jadi jika semua sampah di wilayah Tepus nantinya bekerjasama dengan DLH dimungkinkan belum bisa. Untuk mengatasi hal tersebut Dwi Wahyuni mengajak kepada Pihak Kalurahan Sidoharjo untuk membikin Bank sampah, karena dengan adanya Bank Sampah nantinya juga akan dapat menambah pendapatan masyarakat.Dwi wahyuni juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran sampah kususnya plastik, karena sampah plastik yang dibakar tanpa proses yang benar maka akan dapat menimbulkan racun yang bahayanya 300 kali lebih bahaya dari pada asap rokok, katanya.

Di penghujung acara Evi Nurcahyani selaku Lurah setempat juga menambahkan bahwa pada tahun 2020 sudah dibuatkan TPS, dengan harapan agar sampah di Bintaos tidak menjadi masalah akan tetapi bisa mendatangkan berkah. Ia juga mengatakan bahwa dulu sudah melakukan kerjasama dengan DLH tapi sekarang sudah tidak lagi.

Evi juga menyampaikan bahwa sesegera mungkin akan mengadakan pertemuan dengan semua Kepala Dusun untuk membahas terkait pengolahan sampah karena nantinya terkait pengolahan sampah akan diserahkan kepada masing masing Padukuhan agar Kalurahan Sidoharjo bisa menjadi Kalurahan Sehat, pungkasnya.

Rep/Agus

Continue Reading

Berita Terpopuler