Connect with us

Kesehatan

Sujoko S.Sos M.si’ TMMD Menyelesaikan Sasaran Fisik

Published

on

Spread the love

Gunungkidul, (29/07/2020) Suarametropolitan.com Penutupan operasi Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap II tahun anggaran 2020, ditandai dengan penyerahan hasil TMMD dari Dan Satgas TMMD Sengkuyung tahap II tahun 2020 kepada Bupati Gunungkidul Hj. Badingah S.Sos. Penyerahan hasil TMMD tersebut, dilakukan di Kalurahan Mulo Rabu (29/7/2020).

 


Selain itu, penutupan TMMD juga ditandai dengan penandatanganan naskah serah terima penutupan Operasi TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2020 oleh Dandim 0730/Gunungkidul Letkol inf. Noppy Laksana Armiyanto SH dan Bupati Gunungkidul Hj.Badingah S.Sos disaksikan anggota Forkorpimda Kabupaten Gunungkidul, sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Gunungkidul beserta jajaran Kodim 0730/ Gunungkidul.

Kepala DP3AKBPMD Sujoko S.Sos M.Si dalam laporan pelaksanaan mengatakan bahwa TMMD, telah menyelesaikan sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang berada di Kalurahan Mulo Kapanewon Wonosari Kabupaten Gunungkidul. Diantaranya yakni Kegiatan fisik di Lokasi Kegiatan Kalurahan Mulo, Kapanewon Wonosari yang sudah terlaksana berupa: Pembangunan 1 unit Jembatan dengan panjang 4 meter, lebar 3,8 meter dan tinggi pondasi 3,5 meter, Pembangunan Cor Rabat Jalan dengan panjang 45 meter dan lebar 1,5 meter; dan Pembukaan Jalan Baru (JUT) dengan panjang 574 meter dan lebar 3,5 meter.
Bupati Gunungkidul Hj.Badingah S.Sos dalam kesempatan tersebut mengingatkan bahwa dalam situasi tanggap darurat bencana virus corona (COVlD-19) yang sampai sekarang belum kunjung reda, masyarakat diharapkan dapat terus disiplin menjalankan protokol kesehatan pencegahan COVID 19 dengan cara gunakan masker dimanapun berada, biasakan mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak fisik dengan orang lain, dan usahakan untuk menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan olahraga.

Sumber : Dinas Pemberdayaan Ppakbpmd GK

(Red/Spd.y)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bencana

Untuk Membunuh Virus Corona Ketua Umum IDI Luncurkan EMA 004 dan EMA 005

Published

on

Spread the love

 

Yogyakarta, (04/01/2021), Suarametropolitan.com — Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr Daeng Muhammad Faqih meluncurkan sebuah produk baru untuk mengatasi virus corona. Peluncuran tersebut berlangsung pada hari Senin, 04 Januari 2021 bertempat di Gedung UC UGM, dalam penjelasannya kepada awak media Daeng mengemukakan bahwa akan selalu mendukung dengan segala upaya untuk bisa mengatasi virus corona termasuk trobosan kreatif teknologi yang dinamakan EMA 004 dan EMA 005.
Seperti diketahui, hingga saat ini belum ditemukan anti virus corona di tengah- tengah pandemi ini termasuk anti virus dan anti bakteri, bahkan vaksin juga baru masuk uji klinis, dan yang paling strategis dilakukan ialah upaya pencegahan, karena kita belum tahu obat penyembuhannya, sehingga kita harus berupaya untuk tidak sakit, papar Daeng.
Dia juga menjelaskan bahwa upaya protokol kesehatan yang dilakukan seperti memakai masker , cuci tangan, jaga jarak serta tinggal dirumah juga merupakan sebuah upaya untuk mencegah menjadi sakit.
Dan saat ini ada inovasi teknologi yang mampu membunuh virus bakteri yang ada di ruangan, dan saat ini memang ada hal yang bisa membunuh virus dan bakteri di dalam ruangan dengan menyemprotkan cairan desinfektan , tetapi hal ini tidak aman jika harus terhirup oleh manusia ,dan inilah juga yang menimbulkan bahaya , dan teknologi yang digunakan dalam alat ini mampu memberikan keamanan bagi manusia yang menghirupnya , inilah salah satu kelebihan produk tersebut, terang Daeng.
Dalam kesempatan yang sama Prof Joko selaku pihak yang membuat produk EMA 004 dan EMA 005, menjelaskan bahwa produk yang diproduksinya ini memakai bahan dasar euclyptus atau yang lebih dikenal dengan istilah minyak kayu utih , yang diyakini mampu membunuh virus dan aman bagi manusia .
Karena pada saat kita berkumpul dan kita menggunakan teknologi ini dipakai maka akan aman bagi manusia , karena sejak dahulu kita akrab dengan bau minyak kayu putih ,dan teknologi ini mampu menjangkau tempat virus berada , misalnya di hidung tenggorokan bahkan perut dan paru paru, dengan di masuknya unsur eucalyptus ini kedalam tubuh kita maka ia akan juga sampai di paru paru , hingga perut sehingga mampu untuk melawan virus yang ada, dan mesin ini akan menyemprotkan cairan halus yang mengandung hal tersebut keseluruh ruangan sehingga ruangan akan menjadi aman bagi orang yang berkumpul didalamnya ,paparnya.
Selanjutnya dia juga menjelaskan bahwa produk yang dibuatnya ini meripakan asli karya anak bangsa , dan juga merupakan bagian dari sebuah upayauntuk membuat roda perekonomian yang dijalani UMKM apat berjalan dengan baik.
Mudah mudahan apa yang
dilakukan ini bisa membantu pemerintah untuk menghadapi virus corona yang memberikan dampak yang luar biasa bagi masyarakat kita . tutupnya.
Acara peluncuran dihadiri dari berbagai kalangan. (Ponijan)

Continue Reading

Budaya

World Tree Day: Relawan BaBe Menggelar Tanam Pohon Serentak

Published

on

Spread the love

 

Mengutip, kabar dari Gunungkidul Pos yang menerangkan bahwa relawan Bambang – Wisnu, menggelar aksi tanam pohon serentak.(red)

PALIYAN – Dalam rangka memperingati Hari Pohon Sedunia atau yang sering disebut “World Tree Day” Jaringan Relawan BaBe menggelar kegiatan menanam pohon serentak.

Hal itu selain ikut mengkampanyekan gerakan menanam juga untuk menghormati jasa J Sterling Morton, pecinta alam dari Amerika yang semasa hidupnya gigih mengkampanyekan gerakan menanam pohon.

Kegiatan yang berpusat di Area Telaga Tongtong, Karangasem, Paliyan, tersebut dihadiri langsung oleh Calon Bupati dari PDI Perjuangan Nomor Urut 3 Bambang Wisnu Handoyo. Sebanyak lebih dari 3.000 bibit tanaman Sirsak dan Nangka ditanam di berbagai lahan menyebar ke wilayah masing-masing basis Jaringan Relawan Babe dan lahan warga masyarakat setempat.

“Kurang lebih ada 3.000 bibit tanaman yang kami siapkan semoga bermanfaat,” ujarnya.

Calon Bupati Gunungkidul Nomor Urut 3 Bambang Wisnu Handoyo mengaku terus mendorong kegiatan cinta terhadap tanaman.

“Gerakan menanam wajib dilakukan untuk terus memperhijau wilayah Gunungkidul. Karena dengan banyaknya pohon dapat bermanfaat bagi kehidupan,” ucapnya.

Sementara itu, Salah satu koordinator kegiatan Alex Purwo mengatakan setiap tahun, pada tanggal 21 November menjadi Hari Pohon Sedunia atau “World Tree Day”.
Oleh sebab itu, pihaknya selain mengkampanyekan Bambang Wisnu – Benyamin, tetapi juga mengkampanyekan betapa pentingnya ikut serta menjaga alam dan lingkungan dengan gerakan menanam pohon.

“Teknologi termurah dalam ikut menjaga iklim global adalah pohon ooeh karenanya kami berupaya untuk tetap merawat dan melestarikan budaya menanam pohon,” tegas Alex Purwo, Sabtu (21/11/2020) kemarin

Menurut dia, Kegiatan tersebut dilaksanakan secara berkelanjutan dari tanggal 21 November untuk memperingati “World Tree Day” sampai dengan pada tanggal 28 November pada Hari Menanam Pohon (HMP) Indonesia.

“Kegiatan ini dikemas berkemanjutan dan kami harap terus menjadi event tahun,” imbuhnya.

Kegiatan gerakan menanam pohon ini diikuti perwakilan dari 48 Komunitas dan Organisasi yang telah bersepakat untuk memenangkan Paslon Nomer urut 3, Bambang Wisnu Handoyo.

Salah satu tokoh pemuda Karangasem, Apriyanto mengatakan, 1 pohon sirsak beliau tanam di area Telaga Tongtong, Karangasem, Paliyan, sebagai tanda dimulainya gerakan menanam pohon di masing-masing wilayah Jaringan Relawan Babe sampai tanggal 28 November 2020.

“Kegiatan ini juga sebagai bentuk kesetiaan semua Jaringan Relawan Babe dalam mendukung dan mengawal pemenangan Bambang Wisnu – Benyamin dan kami harap menjadi memicu kebangkitan untuk terus bersahabat dengan pohon,” ungkap Apriyanto.

Sumber: Gunungkidul Pos

 

Continue Reading

Budaya

Asnur Seniman Multimedia, “Suasana Resto Serasa Tempoe Doeloe”

Published

on

Spread the love

 

Bantul, (14/11/20) –
Dengan suguhan khas dan unik yaitu Cake Sultan Tempoe Doeloe di Resto Serasa Tempoe Doeloe Jalan Bibis Raya Kembaran Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta, Seniman Multimedia Asrizal Nur merayakan hari ulang tahunnya.

Di isi dengan diskusi hangat dan ringan ulang tahun Seniman Multimedia yang sudah populer baik di Indonesia maupun Luar Negeri ini bercerita tentang dunia puisi, dongeng dan pantun.

” Puisi, dongeng atau pantun harus di sampaikan dengan indah… memukau dan penuh makna filosofi ” kata Bang Asrizal Nur dalam diskusi yang di pandu Mas Yanto Manusia Terbalik yang sekaligus Owner Resto Serasa Tempoe Doeloe.

Bang Asrizal Nur melanjutkan bahwa seni harus bisa di nikmati bersama,harus mampu memberikan keseimbangan hidup yang lebih indah dan ikhlas.

” Seni ada baiknya untuk bisa di nikmati bersama,bukan hanya bisa di nikmati seniman dan Tuhannya saja,seni budaya membawa dampak kehidupan, memberikan keseimbangan hidup lebih indah dan ikhlas” lanjut Bang Asrizal Nur.

Terkesan dengan suasana Resto Serasa Tempoe Doeloe yang unik dan menarik Bang Asrizal Nur berharap dapat mengadakan kegiatan seni di Resto yang menyajikan berbagai menu ini.

” Tempat yang bagus dan menarik,lain waktu kita buat acara pentas di sini,menu nasi goreng kebulinya juga enak ” tutur Bang Asrizal Nur.

Di temani beberapa teman seniman,pegiat sosial, pegiat media dan pelaku usaha seperti Ardhyansah Al Ertha, Sukoco Hayat,Muh Sanusi dan Ari Antoni diskusi mengalir penuh kehangatan.

Di antara karya beliau adalah Percakapan Pohon dan Penebang ( 2009) Antologi Puisi Nusantara ( 2006) Kumpulan Puisi Portugal Malaysia dan Indonesia ( 2011) Antologi Puisi Asean , The Vice Of Humanity ( 2015) Pulara 5 ( 2015) kini fokus mengelola Rumah Seni Sanur,tempat peristiwa kebudayaan banyak di lahirkan.

Reporter : Gie Rahardjo

Continue Reading

Berita Terpopuler