Connect with us

Budaya

Waka DPD RI Dukung Penuh Kebijakan Benci Produk Luar Negeri

Published

on

Spread the love

 

JAKARTA Suarametropolitan.com — Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menggaungkan agar masyarakat mulai membenci produk luar negeri, dan beralih mencintai produk dalam negeri. Hal tersebut bertujuan agar penjualan dari produsen lokal bisa meningkat ke depannya.

Orang nomor satu di tanah air ini menegaskan, dengan adanya rasa cinta terhadap produk lokal, akan menempatkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di tempat yang strategis.

Wakil Ketua DPD RI, Sultan B Najamudin menyambut baik gaungan Presiden Jokowi. Menurut senator muda asal Bengkulu ini, masyarakat bisa menjadi konsumen yang loyal untuk produk-produk dalam negeri.

“270 juta jiwa penduduk Indonesia, saya rasa bila semuanya mencintai produk lokal, akan membuat produsen-produsen dalam negeri semakin bergairah. Kualitas produk dalam negeri pun juga mendunia, jadi produk Indonesia sebenarnya mendunia,” ujar Sultan B Najamudin dalam keterangan tertulisnya, Jumat (5/3/2021).

Mantan Wakil Gubernur Bengkulu ini juga mendukung strategi Kementerian Perdagangan, yang dimana mall harus menempatkan merek atau brand lokal di depan atau dekat pintu masuk.

Untuk itu, sambung pria yang akrab disapa SBN ini, pemerintah harus bisa menyiapkan aturan yang bisa mendorong para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) lokal lebih mengerti segi permintaan pasar seperti apa agar bisa bersaing dengan merek asing.

“Dengan menghadirkan produk lokal dibagian depan mall-mall, ini merupakan strategi dagang yang cerdas. Sehingga mata para produsen langsung tertuju terhadap produk lokal,” beber Sultan.

“Namun begitu, pemerintah harus memberikan imbauan kepada pengelola mall-mall, agar memberikan tarif sewa yang rendah kepada merek lokal,” sambung Sultan.

Terakhir, senator muda asal Bengkulu ini berharap, dengan adanya strategi tersebut bisa memajukan para pelaku UMKM yang sempat terpuruk dihantam badai pandemi Covid-19 setahun lalu.

“Saya berharap strategi ini berjalan dengan baik, sehingga para UMKM yang tengah berjuang kembali ini bisa menemukan jalan menuju kesuksesan. Ingat, pelaku UMKM ini adalah tulang punggung ekonomi nasional,” harap kader jebolan HIPMI ini.

Sebagai informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, nilai impor Indonesia pada Januari 2021 tercatat US$13,34 miliar, turun 6,49% dibandingkan periode sama tahun lalu yang mencapai US$14,27 miliar.

Berdasarkan penggunaan barang, seluruh jenis impor terkontraksi cukup tajam. Nilai impor konsumsi tercatat US$1,42 miliar, turun 17% secara bulanan dan 2,92% secara tahunan.

Secara bulanan, anjloknya impor terjadi karena penurunan impor bawang putih dari Tiongkok, makanan beku dari India, apel Tiongkok, susu dari Selandia Baru, dan anggur segar Tiongkok.

Selanjutnya, impor bahan baku atau penolong nilainya sebesar US$9,93 miliar, anjlok 2,62% secara bulanan dan 6,1% secara tahunan. Penurunan secara bulanan disumbang impor minyak kedelai dari Argentina dan transmisi aparatur Tiongkok.

Kemudian, nilai impor barang modal tercatat US$1,99 miliar, turun tajam 21,23% secara bulanan akibat penurunan impor berbagai jenis mesin dari Tiongkok dan Italia. Nilai impor barang modal turut anjlok 10,72% secara tahunan.

(Redaksi)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Budaya

Pemberhentian Dan Pengangkatan Pengganti Antar Waktu Anggota Badan Permusyawaratan Kalurahan Bohol

Published

on

Spread the love

Gunungkidul, (suarametropolitan.com) _// Pemerintah Kalurahan Bohol melaksanakan pemberhentian dan pengangkatan pengganti antar waktu anggota BPKAL Kalurahan Bohol periode 2019 – 2025 yang bertempat di Balai Kalurahan Bohol, Kapanewon Rongkop, Kabupaten Gunungkidul, DIY pada hari Senin tanggal 13/12/2021.

Hadir dalam acara tersebut Agung Danarta,S sos Mse selaku Panewu Rongkop, Widodo, S.ip selaku Lurah Bohol, Babinsa, Lembaga, Bamuskal Kalurahan Bohol.

Kepada awak media Widodo selaku Lurah Bohol mengatakan bahwa pemberhentian dan pengangkatan Pengganti Antar Waktu ini dilaksanakan karena adanya salah satu anggota Bamuskal yaitu Mega Puspitasari yang mengundurkan diri dan digantikan Ninik Wahyuni.

Pada acara tersebut untuk pengambilan sumpah di lakukan oleh Agung Danarta selaku Panewu Rongkop dan Mohammad Bahtiar Rifai selaku Rohaniawan islam, serta dua orang saksi.

Dalam sambutanya Agung Danarta mengucapkan selamat kepada Pengganti Antar Waktu Bamuskal Bohol dan berharap agar dengan Pengganti Antar Waktu ini Bamuskal akan lebih bersemangat baik dalam mencari aspirasi masyarakat maupun dalam kegiatan non formal dan juga dapat melakukan pengawasan jalanya pemerintahan Kalurahan Bohol.

Acara berjalan lancar dan juga mentaati protokol kesehatan.

Rep/ Agus y

Continue Reading

Budaya

Kalurahan Pringombo Bagikan Sembako Kepada Warga Jompo Dan Lansia

Published

on

Spread the love

Gunungkidul, (suarametropolitan.com) _// Sebanyak 80 orang penyandang Jompo dan Lansia warga Pringombo menerima bantuan berupa paket sembako dari Pemerintah Kalurahan Pringombo yang dilaksanakan di Balai Kalurahan Pringombo, Kapanewon Rongkop, Kabupaten Gunungkidul, DIY pada hari Senin tanggal 13/12/2021.

Hadir dalam acara tersebut Ermina Kristiani Susanti selaku Lurah Pringombo, segenap jajaran Pamong Kalurahan Pringombo, Bhabin serta Babinsa Kalurahan Pringombo.

Kepada awak media Suara Metropolitan Ermina Kristiani Susanti mengatakan bahwa pemberian paket sembako kepada para jompo dan lansia ini bersumber dana dari Dana keistimewaan ( Danais ).

Ermina juga menambahkan bahwa 80 orang yang menerima bantuan paket sembako ini merupakan penyandang jompo dan lansia dari 10 Padukuhan di Kalurahan Pringombo. Ermina juga berharap dengan pemberian paket sembako ini agar para jompo dan lansia di Kalurahan Pringombo dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik supaya dapat membantu meringankan keburuhan pokok sehari hari mereka.

” Warga yang menerima paket sembako ini merupakan penyandang jompo dan lansia dari 10 Padukuhan di Kalurahan Pringombo ” tutur nya.

Acara yang dimulai sejak pagi tadi berjalan dengan lancar dan tetap mentaati protokol kesehatan.

Agus y

Continue Reading

Budaya

Wakil Bupati Gunungkidul Hadir Dalam Acara Sedekah Laut Atau Nyadran Di Pantai Selatan

Published

on

Spread the love

Gunungkidul, (suarametropolitan.com) _// Pemerintah Kalurahan Sidoharjo berkolaborasi dengan Padukuhan Pulegundes 1 dan Pulegundes 2 menggelar acara tahunan Nyadran di Pantai Sadranan Kalurahan Sidoharjo, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DIY pada hari Minggu tanggal 12/12/2021.

Hadir dalam acara tersebut Wakil bupati Kabupaten Gunungkidul Heri Susanto, Dinas Kebudayaan, Dinas Pariwisata, Dewan Kebudayaan, Kapanewon Tepus, Jajaran Polsek Tepus, Koramil dan Evi Nurcahyani Sip selaku Lurah Sidoharjo beserta jajaran Pamong Kalurahan Sidoharjo, Bamuskal dan Lembaga Kalurahan Sidoharjo.


Acara Nyadran dimulai dengan Ritual Genduren dan Larungan/ Labuhan di Pantai Sadranan yang dipimpin oleh Mbah Sukam selaku juru kunci Pantai Sadranan dan diikuti oleh segenap masyarakat Padukuhan Pulegundes 1 dan 2.

Heru Eko Susilo selaku carik Kalurahan Sidoharjo kepada awak media ia mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan maksut untuk melestarikan kebudayaan adat setempat. Heru Eko Susilo juga menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk rasa syukur dari para warga masyarakat Pulegundes 1 dan 2 atas berkah yang mereka terima selama ini.

Acara yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB berjalan lancar dan akan diahiri dengan pagelaran hiburan Tayub yang akan dilaksanakan di Balai Padukuhan Pulegundes 2 pada malam harinya.

(Agus Y/red)

Continue Reading

Berita Terpopuler