BeritaBerita Daerah

Buka Diklat Arsiparis, Sekda Supriono Katakan Para Arsiparis Jangan Gaptek

×

Buka Diklat Arsiparis, Sekda Supriono Katakan Para Arsiparis Jangan Gaptek

Sebarkan artikel ini

Palembang,SuaraMetropolitan

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), SA Supriono mengatakan, Arsiparis memiliki tugas penting dalam bidang kearsipan. Karena itu para Arsiparis diminta untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuannya di tengah perkembangan zaman yang kian pesat.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Para Arsiparis jangan gagap teknologi (gaptek), saat ini sudah serba digital. Kalau bikin Pdf saja tidak bisa, tidak usah jadi Arsiparis,” ujar Supriono dalam sambutannya pada kegiatan Diklat Fungsional Arsiparis Provinsi Sumsel Tahun 2023 di Aula Putri Kembang Dadar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Sumsel, Senin (13/11/2023).

Dalam melaksanakan tugas, lanjut Sekda  peran Arsiparis sangat penting. Pekerjaan itu disebutnya sebagai simpul akhir dari semua lalu lintas. Dengan tertatanya arsip, dokumentasi berbagai kegiatan bisa dicari dengan mudah.

Baca juga : Terima Kunjungan Kepala BBWSS VIII,Kapolda Sumsel Perkenalkan Pelayanan Nomor Banpol

“Bahkan, arsip yang baik bisa menyelematkan seseorang yang terkena masalah hukum. Kalau sistem pengarsipan dan dokumen ada, dia bisa selamat. Kalau dokumen yang dibutuhkan hilang, dia bisa masuk penjara,” katanya.

Menurut dia, pengarsipan tidak hanya dalam bentuk surat menyurat, tapi juga dokumentasi kegiatan berupa foto, video  prasasti dan sebagainya.

Baca juga : Pj Gubernur Sumsel Bersama Menteri LHK Gelar Rapat Penanganan Karhutla di Kabupaten OKI

“Diklat Fungsional Arsiparis ini merupakan langkah nyata untuk memberikan bekal kompetensi kepada peserta agar mampu menyusun instrumen pengelolaan arsip,” imbuhnya.

Kepala BPSDMD Provinsi Sumsel Edwar Juliartha dalam laporannya mengatakan, diklat kali ini diikuti 26 peserta  para Arsiparis yang tersebar di instansi pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Sumsel. Pelaksanaan Diklat akan digelar 13 – 17 November 2023 di BPSDMD Sumsel.

“Materinya berupa kuliah atau ceramah umum, diskusi kelompok, exercise, studi kasus, brainstorming, simulasi dan role playing. Tenaga pengajar berasal dari Dinas Kearsipan Sumsel, pejabat di OPD dan BPSDMD Sumsel,” tandasnya. (Y.R)

Ikuti Kami di Google News klik https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMPvkpwwwje21BA?hl=en-ID&gl=ID&ceid=ID%3Aen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *