Pendidikan

Dua Tim dari FMIPA UNY Dulang Emas di LIDM 2021

×

Dua Tim dari FMIPA UNY Dulang Emas di LIDM 2021

Sebarkan artikel ini

Yogyakarta (Metro Indonesia) — Mahasiswa FMIPA UNY kembali meraih prestasi ditingkat nasional melalui ajang Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) 2021 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (PUSPRESNAS) Kemdikbudristek-RI di Universitas Andalas, 17-20/9/21. Pada ajang tersebut tim UNY berhasil menjadi juara umum dengan perolehan 4 medali emas dan 1 medali perak. Dua emas dipersembahkan tim dari FMIPA atas bimbingan Dr. Pujianto, M.Pd., dosen FMIPA UNY. Tim pertama yaitu Tim Aurum dengan personil Athi’ Nur Auliati Rahmah (Pendidikan Fisika) dan Bian Itsna Ashfa Al Ashfiya (Fisika). Athi’ dan Bian meraih Juara 1 untuk Divisi Poster Digital. Pada kompetisi ini, Athi’ dan Bian berhasil lolos di babak final melawan 800-an tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Mereka yang masuk dua puluh besar kemudian mengikuti serangkaian seleksi final pada (18-19/9/2021).
Kemenangan poster digital yang berjudul “Berbagi Inspirasi Melalui Kampus Mengajar” ini dilatarbelakangi pengalaman langsung dilapangan saat Athi’ yang kala itu menjadi mahasiswa program Kampus Mengajar Angkatan 1.
Medali emas lainnya diperoleh Risa Nurullailiyah Sujono (Pendidikan IPA) dan Reno Nurdiyanto (Pendidikan Fisika) dengan nama tim “Wassalamu’alaikumWarahmatullahiWabarakatuh” meraih medali emas untuk divisi Inovasi Materi Digital Pendidikan. Tim ini membuat Aplikasi Modul Discovery Learning berbasis Virtual lab dan Augmented Reality untuk meningkatkan pemahaman konsep materi optika geometri di tengah pandemi COVID-19.
Aplikasi ini merupakan produk Tugas Akhir Skripsi terdanai penelitian payung dosen dan penelitian 100 judul FMIPA dari Reno Nurdiyanto yang telah diimplementasikan di kelas secara online. Aplikasi telah dipublikasikan pada website Redi-Tech http://TeknologiPendidikanDigital.web.id/ yang telah dikelola oleh Reno dan tim.
Reno menjelaskan, Divisi ini diikuti oleh 205 tim peserta melewati tahap seleksi proposal dan terakhir final oleh 20 peserta terbaik dari berbagai universitas di Indonesia secara online melalui zoom meeting.
“Pemilihan nama tim ini mewakili doa dan harapan, sekaligus salam yang mengakhiri karya dari kami sebagai mahasiswa. Saya berharap banyak mahasiswa lebih inovatif dalam pengembangan media pembelajaran yang dapat membantu permasalahan pendidikan,” ujar Reno.
Reno juga telah meraih kesuksesan bersama Real Madrid FC dengan meraih medali perak tahun lalu, dan berhasil membayarkannya pada tahun ini.
Risa Nurul selaku ketua tim mengaku bersyukur dapat keluar sebagai pemenang bersama timnya pada ajang tersebut. Ia berharap aplikasi ini dapat bermanfaat dan bisa membantu peserta didik semakin bersemangat dalam belajar fisika.
(Kontributor : Witono Humas UNY)

Ikuti Kami di Google News klik https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMPvkpwwwje21BA?hl=en-ID&gl=ID&ceid=ID%3Aen