BeritaTNI

Kodam II Sriwijaya Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 

0
×

Kodam II Sriwijaya Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 

Sebarkan artikel ini

Palembang,SuaraMetropolitan

Sebagai wujud penghargaan dan penghormatan terhadap momentum bersejarah Hari Sumpah Pemuda dan mengenang kembali nilai-nilai yang terkandung di dalamnya serta untuk membangun semangat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, segenap Prajurit dan PNS jajaran Kodam II/Swj se-Garnizun Palembang melaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2023.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 Tahun 2023 kali ini dipimpin Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Ruslan Effendy, S.I.P., Sabtu (28/10/2023) bertempat di lapangan Upacara Makodam II/Swj Jln. Jenderal Sudirman KM. 2,5 Palembang.

Upacara ditandai dengan pengibaran Bendera Merah Putih, Pembacaan Teks Pancasila, Mengheningkan Cipta dan Pembacaan Pembukaan UUD Negara RI tahun 1945. Selain itu, dalam upacara tersebut juga dibacakan Putusan Kongres Pemuda-Pemuda Indonesia tahun 1928.

Baca juga : Sekda Supriono Irup Hari Sumpah Pemuda Dilingkungan Pemprov Sumsel

Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Ruslan Effendy, saat membacakan sambutan tertulis Menpora RI pada Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda tersebut menyampaikan bahwa, momentum Peringatan Hari Sumpah Pemuda mengingatkan bangsa indonesia terhadap sejarah gotong-royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu Bertumpah Darah Satu Tanah Air Indonesia, Berbangsa Satu Bangsa Indonesia, dan Menjunjung Bahasa Persatuan Bahasa Indonesia.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 Tahun 2023 mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia” dengan Logo HSP Ke-95 yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya.

Selanjutnya, Pemerintahan Republik Indonesia telah membuka luas partisipasi pemuda pemudi generasi muda Indonesia hari ini telah seiring sejalan mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama. Inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemuda pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional.

Baca juga : Otonomi Daerah Berdampak pada Tugas TNI dalam Pertahanan dan Keamanan

Oleh karena itu, sambung Kasdam, setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat. Strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong-royong lintas sektor.

“Maka pada momen Hari Sumpah Pemuda ini, kita harus canangkan kebulatan tekad semua stakeholder baik Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten Kota, Organisasi Kepemudaan, Komunitas serta elemen elemen lain”, ujar Brigjen TNI Ruslan Effendy.

“Terakhir, marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri”, pungkasnya.

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang berlangsung dengan tertib dan khidmat kali ini diikuti juga oleh para Perwira Staf Ahli Pangdam II/Swj, para Asisten Kasdam II/Swj, para Dan/Kabalak jajaran Kodam II/Swj.

Sumber : Pendam II Sriwijaya

Ikuti Kami di Google News klik https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMPvkpwwwje21BA?hl=en-ID&gl=ID&ceid=ID%3Aen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *