Connect with us

Kesehatan

12 Macam Makanan Menangkal Virus Corona dengan Meningkatkan Sistem Imun

Published

on

Spread the love
SuaraMetropolitan.com Virus corona semakin luas menyerang wilayah Asia, hingga akhirnya masuk wilayah Indonesia.

Reagen dan berbagai alat di Indonesia pun telah disesuaikan dengan standar WHO demi menjaga kesehatan masyarakat dari virus corona atau novel coronavirus (2019-nCov).

Pihak Kemenkes dan WHO sudah memberi peringatan sejak awal munculnya virus corona, bahwa masyarakat dianjurkan untuk mengonsumsi gizi seimbang, serta perbanyak sayur dan buah.

Berikutmacam makanan menangkal virus corona dengan meningkatkan sistem imundari berbagai sumber.

Rempah-Rempah

1. Jahe

Macam makanan peningkat sistem imun tubuh yang sering dijumpai di dapur, yakni jahe. Hal ini karena jahe memiliki sifat antioksidan dan antiperadangan. Tentunya mampu meningkatkan sistem imun tubuh atau kekebalan, terbukti memiliki senyawa beta-karoten dan capsaicin.

Mulai mengonsumsi jahe dengan menjadikannya campuran dalam secangkir teh hangat, wedang ronde, serta merebus jahe bersama serai dan gula jawa. Pasti memberikan sensai nyaman nan hangat, menyegarkan dan menyehatkan.

Dari segi penangkal virus corona, berasal dari kandungan curcuma yang terdapat pada jahe.

2. Kunyit

Rempah-rempah selanjutnya yang berasal dari Indonesia ialah kunyit ternyata diyakini dapat menangkal virus corona dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Akhir-akhir ini seorang Guru Besar Biologi Molekuler, Chaerul Anwar Nidom dari Universitas Airlangga (Unair) menunjukkan hasil penelitiannya dari mengonsumsi sari rempah-rempah.

“Di beberapa tempat saya tawarkan apa yang bisa digunakan untuk menangkal virus corona. Kita bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung curcuma seperti jahe, kunyit dan temulawak,” ujar Nidom, Selasa (18/2) pada Merdeka.com.

3. Temulawak

Makanan menangkal virus corona dari jenis rempah-rempah lagi, yakni temulawak. Rempah dengan nama ilmiah Curcuma xanthorrhiza Robx. Synm. Curcuma javanica ini, dipercaya karena mengandung kurkumin sekitar

Selain itu, temulawak juga memiliki antioksidan yang baik dalam menjaga sistem imun tubuh. lalu khasiat lainnya, seperti mengatasi mual, membantu proses metabolisme tubuh, dan menambah nafsu makan.

4. Bawang Putih

Bawang putih sudah ribuan tahun dipercaya sebagai tanaman mujarab komposisi obat herbal. Memiliki khasiat antibakteri dan antivirus yang bisa memperkuat sistem imunitas tubuh.

Selain itu, bawang putih juga mengandung antioksidan yang tinggi, fosfor, seng, potassium, dan kalsium. Berbagai senyawa tersebut mampu membantu memperkuat sistem pernapasan dan turut menambah jumlah sel darah putih dalam tubuh.

Senyawa aliicin yang menimbulkan aroma khasnya, ternyata bermanfaat melawan penyakit pilek dan infeksi lainnya.

Mengonsumsi bawang putih mentah sebelum tidur, ampuh membunuh kuman penyebab penyakit, seperti dlu, pilek, batuk, dan radang tenggorokan. Jadikan sebagai obat alami yang memperkuat daya tahan tubuh kita dan keluarga.

Gejala virus corona yang ditandai dengan batuk kering, pilek, serta susah napas, semoga dapat diminimalisir dan dicegah dengan bawang putih.

5. Bawang Bombai

Masih sejenis dengan bawang putih, keduanya berkhasiat meningkatkan imun tubuh. Kandungan citamin, zat besi, fosfor, dan berbagai senyawa lain, mampu mengatasi berbagai macam permasalahan dalam tubuh.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak bubuk bawang bombai bisa menjadi peningkat dalam pertumbuhan, parameter hematologi, dan fungsi kekebalan tubuh remaja, oleh R. Akrami, Effects of Dietary Onion (Allium Cepa) Powder On Growth, Innate Immune Response And HematoBiochemical Parameters Of Beluga, Fish & Shellfish Immunology.

Anda bisa mulai konsumsi dengan mencampurkan bawang bombai mentah dalam salad sayur, memasak tumis, sup ayam bawang bombai, dan berbagai makanan lezat berkhasiat lainnya. Bagi Anda yang alergi terhadap bawang, bisa mengonsumsi makanan peningkat sistem imun yang lainnya.

Sayuran

6. Paprika Merah dan Cabai

Macam makanan menangkal virus corona dan meningkatkan sistem imun tubuh selanjutnya dari jenis sayuran, yang pertama ialah paprika dan cabai. Beruntunglah bagi Anda yang menyukai makanan pedas.

Paprika dan cabai juga mengandung banyak vitamin C yang baik bagi tubuh, selama dalam porsi yang tepat. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa paprika merah dan cabai, dua kali lebih banyak kandungan vitamin C daripada buah jeruk.

7. Brokoli

Macam makanan menangkal virus corona dan meningkatkan sistem imun tubuh dari jenis sayuran berikutnya, yakni brokoli. Hal ini dipercaya karena brokoli mengandung banyak vitamin E.

Vitamin E dalam makanan alami bersifat antioksidan, sehingga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh, selain vitamin C.

Sebuah riset yang dipublikasikan dalam jurnal Plant Food for Human Nutrition 2010, menunjukkan bahwa makan brokoli terbukti dapat mengurangi stres oksidatif.

Stress oksidatif merupakan kondisi jumlah radikal bebas di tubuh melebihi kapasitas. Akibatnya sel-sel tubuh mengalami oksidasi lebih tinggi dan menimbulkan kerusakan.

Konsumsi sayur brokoli sebagai bentuk usaha meningkatkan sistem imun dan menangkal virus corona. Brokoli juga dipercaya bisa mengobati penyakit saluran pernapasan, seperti ISPA dan asma.

8. Semua Jenis Jamur

Pihak WHO dan Kemenkes telah mengungkapkan mengenai daging yang harus dimasak sampai matang. Bagi Anda yang menyukai makan daging dan sedang menguranginya, bisa menjadikan jamur sebagai alternatif pengganti rasa daging yang nikmat.

Sensasi jamur yang diolah biasanya memberi rasa seperti ayam kecap atau sate daging.
Jamur bersifat antimikroba dan antiviral, serta mengandung potassium. Sehingga jamur sangat baik bagi tubuh, kemudian mampu mengelola cairan tubuh, menjaga keseimbangan tekanan darah, mempercepat metabolisme, dan pastinya menjaga sistem kekebalan tubuh.

Buah-buahan

9. Jeruk, Lemon, dan Kiwi

Ketiga jenis buah seperti lemon, jeruk dan kiwi memiliki kadar vitamin C yang tinggi, sehingga dipercaya menjadi makanan peningkat sistem kekebalan tubuh terbaik.

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan, mampu menangkal radikal bebas, mencegah penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan, serta mempercepat penyembuhan terhadap penyakit-penyakit tertentu.

Gejala virus corona yang ditandai dengan sakitnya sistem pernapasan, semoga dapat diminimalisir dengan konsumsi ketiga buah ini.

Mulailah menjadikan ketiga buah ini sebagai asupan tambahan sehari-hari. Bisa dikonsumsi dengan membuat infuse water, campuran salad buah, dan cemilan sambil nonton TV.

10. Pepaya dan Nanas

Makanan yang meningkatkan sistem imun dari jenis buah-buahan berikutnya ialah pepaya dan nanas. Keduanya mengandung vitamin B kompleks dan C yang sangat baik bagi tubuh.

Buah nanas juga bersifat antiperadangan, serta enzim pencernaan yang membantu memecah protein dalam makanan.

Nutrisi Tambahan

11. Kacang Almond

Selain mengonsumsi banyak buah dan sayur, Anda bisa menambah dengan nutrisi dari makanan alami lain. Mengonsumsi kacang almond sebagai cemilan atau tambahan topping pada dessert Anda, akan memberi asupan vitamin C dan E.

Vitamin C dan E dipercaya mampu meningkatkan sistem imun. Konsumsi kacang almond secara rutin bisa mencegah flu dan demam. Makanan peningkat sistem imun tubuh yang gurih dan lezat, sebagai usaha menangkal virus corona.

Bagi Anda yang khawatir dengan susu berlemak dari hewan, dapat mengganti dengan mengonsumsi susu almond dengan khasiatnya yang luar biasa.

12. Madu

Macam makanan menangkal virus corona dan meningkatkan sistem imun tubuh berikutnya, ialah madu. Selain manis di mulut, manis juga khasiatnya. Madu mengandung antioksidan tinggi yang baik dalam meredakan batuk, menjaga tenggorokan tidak kering, dan menghilangkan dahak.

Salah satu gejala virus corona yang disampaikan oleh Kemenkes salah satunya ialah tenggorokan kering hingga batuk-batuk.

Selain itu, madu juga berperan dalam menenangkan sistem saraf, mengatur kadar kolesterol dalam darah, dan menjaga sistem kekebalan tubuh.
(sumber : merdeka.com)

Budaya

Rumah Sehat Grand Wijaya Hadir Di Palembang

Published

on

Spread the love

Palembang, Suarametropolitan.com — Manager Unit Pelayanan Pengendalian Pembangkit Sektor Keramasan, Daryanto meresmikan Rumah Sehat Grand Wijaya Persada di Jalan Pendawa No 50, Minggu (11/04). Peresmian klinik kesehatan bagi karyawan PT. Grand Wijaya dan masyarakat umum ini dilakukan secara simbolis dengan pemotongan pita dan didampingi oleh Owner PT. Grand Wijaya, Haji Wijaya dan Penanggung jawab Rumah Sehat dr. RR. Dita Nurul Savitri.

Dalam sambutannya, Daryanto menyampaikan apresiasinya terhadap PT. Grand Wijaya Persada karena hal ini adalah terobosan yang baru dilakukan oleh mitra PT. PLN (Persero). “Kami akan mensupport sepenuhnya terhadap terobosan ini. Dan bilamana perlu dikembangkan di wilayah UPPDK Keramasan, karena banyak mitra PLN yang memiliki karyawan di sana,” ungkapnya.

Menurut sang owner, Haji Wijaya, PT. Grand Wijaya telah banyak membuat program guna kepentingan karyawannya. Rumah Sehat Grand Wijaya Persada ini merupakan salah satu terobosan baru di bidang pelayanan yang bertujuan untuk memanusiakan manusia.

Masyarakat yang berhak mengakses Rumah Sehat Grand Wijaya bukan hanya karyawan, tetapi juga masyarakat umum, baik yang tinggal di sekitar perusahaan, maupun dari tempat lain. Kami tetap memberikan pelayanan yang sama dan terbaik untuk masyarakat yang datang,” ungkap H Wijaya.

Rumah Sehat Grand Wijaya Persada saat ini memiliki dua dokter, satu apoteker, satu asisten apoteker, dan dua perawat. Pelayanan dibuka setiap hari kecuali hari libur, mulai pukul 09.00 – 14.00 lalu jam 18.00 – 21.00. Syarat bagi pasien cukup mendaftarkan diri di rumah sehat baik secara umum, maupun sebagai pengguna BPJS Kesehatan.

Kedepan manajemen PT. Grand Wijaya Persada akan memperluas cakupan rumah sehat. Tidak hanya di Palembang saja, tetapi juga ke kabupaten/kota lain di Sumatera Selatan. Pastinya, Rumah Sehat Grand Wijaya bekerja sama dengan berbagai rumah sakit, baik tipe A, B, atau C sehingga pasien Rumah Sehat Grand Wijaya Persada dapat terlayani dengan baik.

Sumber: mattanews.co

Continue Reading

Kesehatan

Warga Tepus Meninggal Dunia Secara Mendadak di Makam Ploso Selesai Ziarah

Published

on

Spread the love

 

Gunungkidul, Suarametropolitan.com — Waginem, ( 80th ) meninggal dunia ketika ziarah di makam Ploso, Dusun Pudak Rt 001/rw 019, , Desa Tepus, Kapanewon Tepus, Gunungkidul
Hal tersebut diketahui oleh saksi Wasidi (50th), warga pudak Rt 02/ Rw 19, dan Kliwon warga RT 03, atau warga setempat.
Keterangan yang berhasil dihimpun redaksi, pada hari senin tgl 22 Maret 2021, sekitar jam 08.30 Wib korban datang dikuburan ploso pudak, bersama dengan cucunya atas nama okta (16th) dengan tujuan untuk ziarah kubur dikarenakan besok pagi tgl 23 maret 2021 korban beseta keluarga akan mempunyai hajat sunatan cucunya yang bernama Chiko (7th).

Kassubag Polres Gunungkidul, Iptu Suryanto dalam keterangannya menyebutkan kronologi kejadian bermula saat korban bersama cucunya, Okta (16) bermaksud hendak ziarah ke makam leluhur dikarenakan korban bersama keluarga akan mempunyai hajatan pada keesokan harinya (Selasa, 23 Maret 2021).

” Dari keterangan saksi menyebutkan, awalnya korban berniat ziarah kubur, namun sebelum ritual ziarah selesai, korban jatuh tersungkur dalam kondisi kejang-kejang”, ungkap Iptu Suryanto.

Menurut hasil pemeriksaaan tim medis korban tidak ada tanda – tanda kekerasan dan diduga korban menderita sakit jantung dan ada riwayat sakit darah tinggi.

Selang beberapa saat kemudian korban di serahkan kepihak keluarga untuk dilakukan proses pemakaman.

Sumber: Grup Whatsapp Humas Krimina GK.
(Redaksi)

Continue Reading

Internasional

Tidak Memiliki BPJS, Insan Karima Yogyakarta Adakan Santunan Kepada Keluarga Tidak Mampu Di Kebumen

Published

on

Spread the love

 

Kebumen, Suarametropolitan.com — Insan Karima Yogyakarta (IKY) pada Hari Rabu,17 Maret 2021 Kembali mengadakan giat bansos di Dusun Jladri Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen. Bansos tersebut ditujukan kepada keluarga Samsul Ma’arif atau Ibu Rusmi, yang mana salah satu dari anggota keluarganya terkena musibah tersiram air nira mendidih (Air Gula Panas).

Giat bansos tersebut dikarenakan keluarga tersebut termasuk keluarga tidak mampu dan ada dua lansia yang lumpuh tidak memiliki BPJS atau belum tersentuh bantuan dari pemerintah. Diketahui juga bahwa yang menjadi tulang punggung keluarga yaitu Samsul.

Pada kesempatan kali ini dari pihak Insan Karima Yogyakarta menyampaikan bentuk bantuan yaitu:
1. Tali Asih Rp.4.300.000
2. Beras 56kg
3. Perlengkapan Sabun
4. Sarimi 2 Dus
5. Sembako
6. Telur

Dari pihak Insan Karima Yogyakarta melalui perwakilan menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak atas terlaksananya giat tersebut.

“Terima Kasih untuk hamba-hamba Allah SWT yang telah membantu dan melancarkan kegiatan ini. Semoga Allah SWT melimpahkan rejeki rahmad dan Amal Ibadah kita semuanya”, Papar panitia.

Lebih lanjut pihaknya juga menyampaikan terimakasih kepada sahabat Insan Karima Yogyakarta, yang sudah ikut serta menyampaikan ke alamat bansos.

“Terima Kasih Juga Utk Para Sahabat INSAN KARIMA YOGYAKARTA (IKY) Yang Dah Meluangkan Waktu,Utk Menyalurkan Donasi,Semoga Lelah Sahabat2 INSAN KARIMA YOGYAKARTA (IKY) Menjadi Lillah Dan Ibadah Kita Semuanya”, pungkasnya.

Sebuah kutipan:

ORANG TERMULIA

Orang termulia bukanlah orang yang dilayani oleh banyak orang, tetapi orang yang paling mulia adalah orang yang paling banyak melayani orang lain.
Semakin engkau melayani orang lain karena Allah maka engkau semakin mulia di sisi Allah

خيركم أنفعكم للناس

“Sebaik-baik kalian adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (al-hadits)

Semakin engkau merendahkan dirimu karena Allah untuk melayani orang lain maka engkau semakin mulia di sisi-Nya

من تواضع لله رفعه الله

“Barang siapa yang merendahkan dirinya karena Allah maka Allah akan mengangkat derajatnya” (al-hadits).

(Redaksi)

Continue Reading

Berita Terpopuler