Connect with us

Kesehatan

12 Macam Makanan Menangkal Virus Corona dengan Meningkatkan Sistem Imun

Published

on

Spread the love
SuaraMetropolitan.com Virus corona semakin luas menyerang wilayah Asia, hingga akhirnya masuk wilayah Indonesia.

Reagen dan berbagai alat di Indonesia pun telah disesuaikan dengan standar WHO demi menjaga kesehatan masyarakat dari virus corona atau novel coronavirus (2019-nCov).

Pihak Kemenkes dan WHO sudah memberi peringatan sejak awal munculnya virus corona, bahwa masyarakat dianjurkan untuk mengonsumsi gizi seimbang, serta perbanyak sayur dan buah.

Berikutmacam makanan menangkal virus corona dengan meningkatkan sistem imundari berbagai sumber.

Rempah-Rempah

1. Jahe

Macam makanan peningkat sistem imun tubuh yang sering dijumpai di dapur, yakni jahe. Hal ini karena jahe memiliki sifat antioksidan dan antiperadangan. Tentunya mampu meningkatkan sistem imun tubuh atau kekebalan, terbukti memiliki senyawa beta-karoten dan capsaicin.

Mulai mengonsumsi jahe dengan menjadikannya campuran dalam secangkir teh hangat, wedang ronde, serta merebus jahe bersama serai dan gula jawa. Pasti memberikan sensai nyaman nan hangat, menyegarkan dan menyehatkan.

Dari segi penangkal virus corona, berasal dari kandungan curcuma yang terdapat pada jahe.

2. Kunyit

Rempah-rempah selanjutnya yang berasal dari Indonesia ialah kunyit ternyata diyakini dapat menangkal virus corona dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Akhir-akhir ini seorang Guru Besar Biologi Molekuler, Chaerul Anwar Nidom dari Universitas Airlangga (Unair) menunjukkan hasil penelitiannya dari mengonsumsi sari rempah-rempah.

“Di beberapa tempat saya tawarkan apa yang bisa digunakan untuk menangkal virus corona. Kita bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung curcuma seperti jahe, kunyit dan temulawak,” ujar Nidom, Selasa (18/2) pada Merdeka.com.

3. Temulawak

Makanan menangkal virus corona dari jenis rempah-rempah lagi, yakni temulawak. Rempah dengan nama ilmiah Curcuma xanthorrhiza Robx. Synm. Curcuma javanica ini, dipercaya karena mengandung kurkumin sekitar

Selain itu, temulawak juga memiliki antioksidan yang baik dalam menjaga sistem imun tubuh. lalu khasiat lainnya, seperti mengatasi mual, membantu proses metabolisme tubuh, dan menambah nafsu makan.

4. Bawang Putih

Bawang putih sudah ribuan tahun dipercaya sebagai tanaman mujarab komposisi obat herbal. Memiliki khasiat antibakteri dan antivirus yang bisa memperkuat sistem imunitas tubuh.

Selain itu, bawang putih juga mengandung antioksidan yang tinggi, fosfor, seng, potassium, dan kalsium. Berbagai senyawa tersebut mampu membantu memperkuat sistem pernapasan dan turut menambah jumlah sel darah putih dalam tubuh.

Senyawa aliicin yang menimbulkan aroma khasnya, ternyata bermanfaat melawan penyakit pilek dan infeksi lainnya.

Mengonsumsi bawang putih mentah sebelum tidur, ampuh membunuh kuman penyebab penyakit, seperti dlu, pilek, batuk, dan radang tenggorokan. Jadikan sebagai obat alami yang memperkuat daya tahan tubuh kita dan keluarga.

Gejala virus corona yang ditandai dengan batuk kering, pilek, serta susah napas, semoga dapat diminimalisir dan dicegah dengan bawang putih.

5. Bawang Bombai

Masih sejenis dengan bawang putih, keduanya berkhasiat meningkatkan imun tubuh. Kandungan citamin, zat besi, fosfor, dan berbagai senyawa lain, mampu mengatasi berbagai macam permasalahan dalam tubuh.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak bubuk bawang bombai bisa menjadi peningkat dalam pertumbuhan, parameter hematologi, dan fungsi kekebalan tubuh remaja, oleh R. Akrami, Effects of Dietary Onion (Allium Cepa) Powder On Growth, Innate Immune Response And HematoBiochemical Parameters Of Beluga, Fish & Shellfish Immunology.

Anda bisa mulai konsumsi dengan mencampurkan bawang bombai mentah dalam salad sayur, memasak tumis, sup ayam bawang bombai, dan berbagai makanan lezat berkhasiat lainnya. Bagi Anda yang alergi terhadap bawang, bisa mengonsumsi makanan peningkat sistem imun yang lainnya.

Sayuran

6. Paprika Merah dan Cabai

Macam makanan menangkal virus corona dan meningkatkan sistem imun tubuh selanjutnya dari jenis sayuran, yang pertama ialah paprika dan cabai. Beruntunglah bagi Anda yang menyukai makanan pedas.

Paprika dan cabai juga mengandung banyak vitamin C yang baik bagi tubuh, selama dalam porsi yang tepat. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa paprika merah dan cabai, dua kali lebih banyak kandungan vitamin C daripada buah jeruk.

7. Brokoli

Macam makanan menangkal virus corona dan meningkatkan sistem imun tubuh dari jenis sayuran berikutnya, yakni brokoli. Hal ini dipercaya karena brokoli mengandung banyak vitamin E.

Vitamin E dalam makanan alami bersifat antioksidan, sehingga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh, selain vitamin C.

Sebuah riset yang dipublikasikan dalam jurnal Plant Food for Human Nutrition 2010, menunjukkan bahwa makan brokoli terbukti dapat mengurangi stres oksidatif.

Stress oksidatif merupakan kondisi jumlah radikal bebas di tubuh melebihi kapasitas. Akibatnya sel-sel tubuh mengalami oksidasi lebih tinggi dan menimbulkan kerusakan.

Konsumsi sayur brokoli sebagai bentuk usaha meningkatkan sistem imun dan menangkal virus corona. Brokoli juga dipercaya bisa mengobati penyakit saluran pernapasan, seperti ISPA dan asma.

8. Semua Jenis Jamur

Pihak WHO dan Kemenkes telah mengungkapkan mengenai daging yang harus dimasak sampai matang. Bagi Anda yang menyukai makan daging dan sedang menguranginya, bisa menjadikan jamur sebagai alternatif pengganti rasa daging yang nikmat.

Sensasi jamur yang diolah biasanya memberi rasa seperti ayam kecap atau sate daging.
Jamur bersifat antimikroba dan antiviral, serta mengandung potassium. Sehingga jamur sangat baik bagi tubuh, kemudian mampu mengelola cairan tubuh, menjaga keseimbangan tekanan darah, mempercepat metabolisme, dan pastinya menjaga sistem kekebalan tubuh.

Buah-buahan

9. Jeruk, Lemon, dan Kiwi

Ketiga jenis buah seperti lemon, jeruk dan kiwi memiliki kadar vitamin C yang tinggi, sehingga dipercaya menjadi makanan peningkat sistem kekebalan tubuh terbaik.

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan, mampu menangkal radikal bebas, mencegah penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan, serta mempercepat penyembuhan terhadap penyakit-penyakit tertentu.

Gejala virus corona yang ditandai dengan sakitnya sistem pernapasan, semoga dapat diminimalisir dengan konsumsi ketiga buah ini.

Mulailah menjadikan ketiga buah ini sebagai asupan tambahan sehari-hari. Bisa dikonsumsi dengan membuat infuse water, campuran salad buah, dan cemilan sambil nonton TV.

10. Pepaya dan Nanas

Makanan yang meningkatkan sistem imun dari jenis buah-buahan berikutnya ialah pepaya dan nanas. Keduanya mengandung vitamin B kompleks dan C yang sangat baik bagi tubuh.

Buah nanas juga bersifat antiperadangan, serta enzim pencernaan yang membantu memecah protein dalam makanan.

Nutrisi Tambahan

11. Kacang Almond

Selain mengonsumsi banyak buah dan sayur, Anda bisa menambah dengan nutrisi dari makanan alami lain. Mengonsumsi kacang almond sebagai cemilan atau tambahan topping pada dessert Anda, akan memberi asupan vitamin C dan E.

Vitamin C dan E dipercaya mampu meningkatkan sistem imun. Konsumsi kacang almond secara rutin bisa mencegah flu dan demam. Makanan peningkat sistem imun tubuh yang gurih dan lezat, sebagai usaha menangkal virus corona.

Bagi Anda yang khawatir dengan susu berlemak dari hewan, dapat mengganti dengan mengonsumsi susu almond dengan khasiatnya yang luar biasa.

12. Madu

Macam makanan menangkal virus corona dan meningkatkan sistem imun tubuh berikutnya, ialah madu. Selain manis di mulut, manis juga khasiatnya. Madu mengandung antioksidan tinggi yang baik dalam meredakan batuk, menjaga tenggorokan tidak kering, dan menghilangkan dahak.

Salah satu gejala virus corona yang disampaikan oleh Kemenkes salah satunya ialah tenggorokan kering hingga batuk-batuk.

Selain itu, madu juga berperan dalam menenangkan sistem saraf, mengatur kadar kolesterol dalam darah, dan menjaga sistem kekebalan tubuh.
(sumber : merdeka.com)

Budaya

Danang: Ditutupnya Kalahari Resto Pegawai Akan Jadi Relawan Bantu Tim Medis

Published

on

Spread the love

Gunungkidul, Suarametropolitan.com — Lonjakan penularan Covid-19 kian meningkat. Korban jiwa berjatuhan dimana-mana, rumah sakit mengaku kekurangan tenaga medis, oksigen dan ruang ICU. Kondisi seperti ini sangat mengetuk bagi siapa saja untuk peduli terhadap keselamatan bersama.

Situasi wilayah Gunungkidul yang demikian, kepedulian pihak Kalahari Resto and Cafe yang merupakan sebuah perusahaan kuliner di Kecamatan Wonosari, akan meliburkan tempat usahanya. Tidak hanya itu, sebagai bentuk lain support terhadap upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19, sejumlah pegawai Kalahari dengan sadar rela menjadi relawan.

Menurut owner yakni Danang Ardianta, bawasanya keputusan meliburkan restoran dan cafe yang tengah naik daun dengan konsep nuansa Bali-Jawa ini bukan tanpa alasan kuat. Hal tersebut dilakukan karena kondisi penyebaran covid-19, yang sangat massive di Gunungkidul.

Sifatnya penutupan sementara tempat usaha ini, sebagai bentuk keprihatinan kami di dunia kesehatan dan mengedukasi kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan, menjaga keselamatan diri, keluarga dan kerabat agar tidak terpapar Virus yang berbahaya atau Covid-19,ini.

“Melindungi keluarga saya dan seluruh pegawai Kalahari juga lingkungan sekitar,” kata Danang Ardianta, pemilik Resto Kalahari, Rabu (30/06/2021).

Lebih lanjut Danang mengatakan bahwa penutupan dilakukan mulai Tanggal 1 Juli sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

“Ini adalah inisiatif sendiri berdasarkan kesadaran, bukan karena salah satu dari pihak Kalahari ada yang terpapar covid atau paksaan dari pihak manapun,” jelasnya.

Pihaknya juga meminta maaf kepada pelanggan yang sudah reservasi tempat, dengan sangat terpaksa membatalkannya.

“Kami hanya melayani pembelian makan minum dengan reservasi online ke nomor WA 081325257474,” terangnya.

Harapan Danang (Owner Kafe), berawal dari gerakan ini, seluruh masyarakat memiliki kesadaran yang sama, menjunjung tinggi himbauan pemerintah dan membantu dalam upaya menghentikan penyebaran covid-19 untuk senantiasa menerapkan PROKES dimanapun berada.

(Reporter).

Continue Reading

Kesehatan

Sularto Yang Dinyatakan Hilang Sudah Diketemukan Oleh Tim SAR DIY Distrik Gunungkidul

Published

on

Spread the love

 

Gunungkidul, Suarametropolitan.com — Pada hari ini Rabu 19 mei 2021 pukul 10:39 wib telah di ketemukan survivor yang bernama Sularto, Padukuhan Ngelo, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari, yang telah meninggalkan rumah pada Senin 17 Mei 2021, yang kemudian dilakukan pencarian pada Hari Kamis malam 18 Mei 2021, dilaporkan sudah di ketemukan.

Menurut keterangan salah satu anggota SAR DIY, yakni Nyanyang diketemukan orang yang dinyatakan hilang tersebut di area ladang karang anyar wilayah pedukuhan Dayakan, Kalurahan Kemiri Kapenawon Tanjungsari. (team SAR Diy Distrik Gunung Kidul, Nyanyang cs)

“Beberapa hari lalu Sularto di nyatakan hilang oleh pihak keluarga, dan pada siang ini, Rabu 19 Mei 2021 berhasil diketemukan oleh tim dalam keadaan lemas”, Terang Nyanyang.

Dikatakan juga timnya dibantu dukungan armada dari Tagana untuk evakuasi ke pihak keluarga dan langsung di bawa ke puskesmas Terdekat untuk ditangani oleh tim medis dikarenakan ada beberapa luka ringan di tangan dan pada kaki.

(Redaksi)

Continue Reading

Budaya

Rumah Sehat Grand Wijaya Hadir Di Palembang

Published

on

Spread the love

Palembang, Suarametropolitan.com — Manager Unit Pelayanan Pengendalian Pembangkit Sektor Keramasan, Daryanto meresmikan Rumah Sehat Grand Wijaya Persada di Jalan Pendawa No 50, Minggu (11/04). Peresmian klinik kesehatan bagi karyawan PT. Grand Wijaya dan masyarakat umum ini dilakukan secara simbolis dengan pemotongan pita dan didampingi oleh Owner PT. Grand Wijaya, Haji Wijaya dan Penanggung jawab Rumah Sehat dr. RR. Dita Nurul Savitri.

Dalam sambutannya, Daryanto menyampaikan apresiasinya terhadap PT. Grand Wijaya Persada karena hal ini adalah terobosan yang baru dilakukan oleh mitra PT. PLN (Persero). “Kami akan mensupport sepenuhnya terhadap terobosan ini. Dan bilamana perlu dikembangkan di wilayah UPPDK Keramasan, karena banyak mitra PLN yang memiliki karyawan di sana,” ungkapnya.

Menurut sang owner, Haji Wijaya, PT. Grand Wijaya telah banyak membuat program guna kepentingan karyawannya. Rumah Sehat Grand Wijaya Persada ini merupakan salah satu terobosan baru di bidang pelayanan yang bertujuan untuk memanusiakan manusia.

Masyarakat yang berhak mengakses Rumah Sehat Grand Wijaya bukan hanya karyawan, tetapi juga masyarakat umum, baik yang tinggal di sekitar perusahaan, maupun dari tempat lain. Kami tetap memberikan pelayanan yang sama dan terbaik untuk masyarakat yang datang,” ungkap H Wijaya.

Rumah Sehat Grand Wijaya Persada saat ini memiliki dua dokter, satu apoteker, satu asisten apoteker, dan dua perawat. Pelayanan dibuka setiap hari kecuali hari libur, mulai pukul 09.00 – 14.00 lalu jam 18.00 – 21.00. Syarat bagi pasien cukup mendaftarkan diri di rumah sehat baik secara umum, maupun sebagai pengguna BPJS Kesehatan.

Kedepan manajemen PT. Grand Wijaya Persada akan memperluas cakupan rumah sehat. Tidak hanya di Palembang saja, tetapi juga ke kabupaten/kota lain di Sumatera Selatan. Pastinya, Rumah Sehat Grand Wijaya bekerja sama dengan berbagai rumah sakit, baik tipe A, B, atau C sehingga pasien Rumah Sehat Grand Wijaya Persada dapat terlayani dengan baik.

Sumber: mattanews.co

Continue Reading

Berita Terpopuler