Berita

Konsep Ekonomi Kerakyatan Yang di Tawarkan Mayor Sunaryanto

×

Konsep Ekonomi Kerakyatan Yang di Tawarkan Mayor Sunaryanto

Sebarkan artikel ini

Gunungkidul, MetroIndonesia.co – Sosok Perwira menengah yang satu ini menjadi sorotan akhir-akhir ini saat menjelang Pilkada Kabupaten Gunungkidul. Secara terbuka memang tidak menonjolkan diri untuk bicara terkait politik khususnya di Kabupaten Gunungkidul.
Saat MetroIndonesia.co bertemu Mayor Sunaryanto di kediamannya di Dusun Kwarasan Desa Kedungkeris Kecamatan Nglipar tersebut, beliau menunjukkan sosok sederhana yang merakyat. Kepeduliannya terhadap perkembangan ekonomi dan sosial ia tunjukkan bukan hanya karena menjelang pilkada akhir Tahun 2020.
Konsep yang ia sodorkan ke masyarakat khususnya Gunungkidul menjadi relevan karena langsung kepada kelompok maupun individu, masalah ekonomi yang menjadi tolok ukur kemajuan pembangunan masyarakat.
“Konsep pemikiran saya dalam ekonomi kerakyatan itu adalah usaha mikro. Bagaimana masyarakat itu bisa berusaha yang akhirnya menghasilkan duit. Dengan menghasilkan uang masyarakat bisa berobat dengan layak, menyekolahkan anak ke sekolah pilihan, maupun untuk keperluan sosial yang lain,” tandas Mayor Sunaryanto, (9/2/2020).
Dengan ekonomi masyarakat Gunungkidul yang terangkat akan mengurangi beban psikis, hal ini bisa mengurangi dampak bunuh diri pada masyarakat selama ini. Yang menjadi permasalahan terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan karena masalah ekonomi, hingga kebutuhan sosial kemasyarakatan tidak terpenuhi.
“Yang menjadi permasalahan dalam masyarakat itu kemakmuran dan keadilan. Kalau keduanya itu tidak terpenuhi maka akan timbul kesenjangan. Maka salah satu yang saya tawarkan adalah UKM. Jangan sampai masyarakat produksi besar-besaran tapi tidak punya market (pasar),” jalas Mayor dengan semangat memberi solusi ekonomi mikro.
Lebih lanjut Ia mengatakan telah memiliki 20 ijin UKM yang bisa di gunakan masyarakat. Yang sudah digunakan 2 perijinan. Baik pasar lokal maupun ekspor. Mayor Sunaryanto juga menawarkan budidaya Maggot.
“Budidaya Maggot itu modalnya sangat kecil, karena modalnya sampah saja. Budidaya maggot itu fungsinya sangat besar, yaitu untuk peternakan, perikanan dan pertanian. Jika masyarakat Gunungkidul mau budidaya ini maka tiap hari akan banyak mengumpulkan uang,” pungkasnya.
Di akhir pembicaraan Mayor Sunaryanto mengatakan bahwa semua yang ia tawarkan khususnya untuk masyarakat Gunungkidul tujuannya untuk perubahan menuju lebih baik, tidak ada kaitannya dengan politik.
(Prio)

Ikuti Kami di Google News klik https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMPvkpwwwje21BA?hl=en-ID&gl=ID&ceid=ID%3Aen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *