BeritaPolitik

Tips Pemilu 2024 Bagi Generasi Z

12
×

Tips Pemilu 2024 Bagi Generasi Z

Sebarkan artikel ini

Sumbang Suara Lebih dari 27%, Ini Tips Bagi Generasi Z dalam Pemilu 2024

Jakarta, suarametropolitan.com

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Peningkatan jumlah penduduk Generasi Z dalam populasi Indonesia menjadi faktor penting dalam politik dan pemilihan umum. Berdasarkan sensus penduduk tahun 2020, jumlah Generasi Z mencapai 75,49 juta jiwa atau sekitar 27,94% dari total penduduk di Indonesia. Hal ini menunjukkan suara dari Generasi Z cukup besar dalam pemilu 2024.

Calon anggota legislatif sudah mulai menargetkan Generasi Z sebagai penyumbang suara karena mereka adalah kelompok yang semakin aktif dalam pilihan politik. Berikut ini tips pemilu 2024 bagi Generasi Z  yang akan segera diselenggarakan,

1. Cari Latar Belakang dan Rekam Jejak Caleg

Sebelum menentukan caleg yang akan dipilih, lakukan background checking caleg di daerah sekitar dan partai yang menaunginya. Selain melalui media sosial, pengecekan latar belakang dapat dilakukan melalui website jariungu.com. Sementara itu, untuk mengetahui latar belakang dan rekam jejak partai dapat dilakukan melalui bijakmemilih.id

2. Bijak Menerima Informasi di Media Sosial

Dalam masa persiapan pemilu, akan ada banyak kampanye melalui media sosial. Lakukan filter terhadap informasi yang didapatkan, jangan terlalu mudah percaya dengan yang kalian lihat di media sosial. Selain itu, jangan mudah terpengaruh dengan komentar netizen, karena di antaranya mungkin terdapat buzzer.

3. Pastikan Sudah Menjadi Pemilih Tetap

Pastikan nama kalian sudah terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT). Pengecekan DPT secara online dapat dilakukan melalui cekdptonline.kpu.go.id atau mengunjungi kelurahan tempat tinggal.

4. Jangan Memilih Golput

Banyak pemilih muda yang memilih untuk tidak memakai suaranya dalam pemilu atau sering disebut golput. Memilih golput sama saja membiarkan pilihan orang lain menentukan pemimpin bangsa. Satu suara sangatlah berharga. Dengan memberikan suara, artinya kalian turut andil dalam menentukan masa depan bangsa.

Sebagai penyumbang suara terbanyak, partisipasi Generasi Z sangat penting dalam pemilu 2024 nantinya. Jadilah pemilih yang cerdas dan bertanggung jawab, jangan sampai salah memilih pemimpin nantinya. (Fumina Lestari/Future Skills)

Ikuti Kami di Google News klik https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMPvkpwwwje21BA?hl=en-ID&gl=ID&ceid=ID%3Aen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *