BeritaBerita Daerah

TMC Diperpanjang, Tiga Unit Excavator di Siapkan Bangun Kanal Atasi Karhutla di Sumsel 

1
×

TMC Diperpanjang, Tiga Unit Excavator di Siapkan Bangun Kanal Atasi Karhutla di Sumsel 

Sebarkan artikel ini

Palembang,SuaraMetropolitan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan bersama stakeholder terkait terus berupaya untuk mempercepat penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni memastikan upaya menggunakan Teknik Modifikasi Cuaca (TMC) dipastikan diperpanjang.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Upaya menggunakan TMC telah dilakukan sejak akhir September lalu. Seharusnya TMC ini berakhir pada esok hari tanggal 4 September 2023. Namun, saya sudah berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk memperpanjang upaya TMC di Sumsel,” ujar Fatoni, Jumat (3/11/2023).

Hasilnya adalah, Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyetujui hal tersebut. Nantinya, upaya menggunakan metode TMC akan diperpanjang hingga sepekan kedepan atau 10 November 2023.

Baca juga : Pedagang Pasar 16 Ilir Palembang Keluhkan Retribusi Setiap Hari Tanpa Toleransi

Secara terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumsel Iqbal Alisyahbana juga menyambut baik perpanjangan upaya tersebut. Menurutnya, potensi awan penghujan pada awal November ini masih cukup besar. TMC sendiri dilakukan satu sampai tiga kali sorti (penyemaian) melihat potensi awan perhari. Untuk satu kali sorti ditebar 1.000 kg atau 1 ton garam.

Selain itu, instruksi Pj Gubernur adalah membuat sekat bakar dan kanal di wilayah Karhutla. Nantinya, akan disiapkan tiga Excavator untuk membantu Manggala Agni yang berada di lapangan. Excavator itu berasal dari Dinas PU Pengendalian Sumber Daya Air (PSDA) dan bantuan perusahaan melalui Dinas Perkebunan Sumsel.

Baca juga : Tanggulangi Karhutla di OKI, Kapolda Sumsel Konsolidasi Strategi Penanganan Karhutla

“Pak Pj sudah menginstruksikan agar mengirimkan Excavator di dua lokasi. Excavator itu akan dipakai membuat sekat bakar (satu unit Excavator) dan kanal sungai (dua unit) untuk pemadaman dan pembasahan lahan,” terangnya.

Sementara itu, terkait sekat bakar akan dibuat di dekat PT Kelantan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Sementara kanal, akan dibuat sepanjang 18 kilometer dengan mengambil dari aliran Sungai Komering ke arah OKI.

“Kanal itu dibuat sesuai usulan dari Manggala Agni agar ada sumber air saat kejadian Karhutla,” ungkapnya. (Y.R)

Ikuti Kami di Google News klik https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMPvkpwwwje21BA?hl=en-ID&gl=ID&ceid=ID%3Aen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *