Nasional

HEARING CARE FOR ALL Dalam Rangka Memperingati World Hearing Day 2021- Lion Clubs Internasional District 307A1

×

HEARING CARE FOR ALL Dalam Rangka Memperingati World Hearing Day 2021- Lion Clubs Internasional District 307A1

Sebarkan artikel ini

Jakarta (MetroIndonesia.co) –Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati World Hearing Day 2021, pada Sabtu, 27 Februari 2021, Lions Clubs International District 307 A1 menggelar Webinar bertajuk “Hearing Care for All”. Webinar tersebut diselenggarakan dengan bekerjasama dengan Pejuang Wanita 45 yang tergabung dalam komunitas Keluarga Besar Wirawati Catur Panca dan didukung oleh Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (RSPAD).
Dilaporkan oleh Ketua Panitia World Hearing Day 2021, Lions Clubs International Distrik 307 A1, Lion Sri Sundari dibawah koordinasi Ketua Komite Kesehatan Pendengaran, Avi Widita Kresna Murti, bahwa Webinar tersebut merupakan puncak acara memperingati World Hearing Day 2021 setelah sebelumnya dilakukan serangkaian kegiatan bakti sosial berupa pemeriksaan Kesehatan pendengaran, pemberian 21 pasang alat bantu dengar (ABD) kepada anggota masyarakat yang kurang beruntung, pemberian terapi dan penyerahan bea siswa kepada beberapa siswa SLB B Pangudi Luhur yang akibat terdampak pandemik Covid-19 orang tua siswa kesulitan membayar biaya pendidikan, serta perbincangan dengan berbagai anggota masyarakat seputar masalah kesehatan pendengaran melalui media IGLive @Lionsclub.hearing.
Keynote address disampaikan oleh LetJend TNI dr. A. Budi Sulistya, Sp.THT-KL., M.A.R.S.– Kepala RSPAD. Disebutkan bahwa antara tahun 2030 sampai 2050 kasus ketulian diprediksi meningkat diantaranya karena peningkatan tehnologi device yang menimbulkan kebisingan dan berakibat pada resiko terjadinya gangguan pendengaran. Disampaikan pula strategi mewujudkan visi tercapainya Sound Hearing 2030 agar terdapat kesadaran dalam masyarakat dan komitmen untuk mengupayakan pencegahan gangguan pendengaran. Seminar diisi oleh DR. dr. Siti Faisa Abiratno, Sp. THT, M.SC AUD-Vestib Med. antara lain menyampaikan peran indra pendengaran dalam komunikasi verbal, gangguan pendengaran, pencegahan dan penanganannya. DRA, Hj. Okky Asokawati, M.SI. memandu jalannya seminar.
Pada sesi Talk Show yang dipandu oleh Lion Mariza, Ibu Eka Kurnia Hikmat, BPsy, MSpecEd, LSLS Cert. AVT dari Yayasan Rumah Siput Indonesia dan Andrew Kusno, Business Development & Audiologist dari P.T. Hearing Vision, masing-masing mengemukakan tentang Rehabilitasi Pendengaran dengan Pendekatan Auditory-Verbal Therapy (AVT) dan Gejala Awal Gangguan Dengar serta Pentingnya Melakukan Pemeriksaan Pendengaran untuk Segala Usia. Webinar diakhiri dengan sharing dari Ibu Dewi Yull seorang ibu dengan anak penyandang ketulian dan aktif sebagai pemerhati disabilitas sahabat tuli.
Sebelumnya Gubernur Distrik Lions Clubs International District 307 A1, Evi Lasma Pohan, mengatakan bahwa, “Hearing Awarenessadalah merupakan salah satu kegiatan utama Lions Clubs International, dan dalam kesempatan memperingati Hari Kesehatan Telinga dan Pendengaran International, sekaligus berupaya memperkenalkan Lions Clubs International kepada masyarakat luas,” jelasnya.
Selain itu rangkaian kegiatan Hearing Awareness juga sebagai bentuk ajakan kepada masyarakat umum dan anggota Lions Clubs Internasional untuk memiliki kebiasaan dan gaya hidup yang baik dalam menjaga kesehatan pendengarannya sejak dini.
Webinar diikuti oleh sekitar 2.000 peserta serta dilihat di kanal YouTube Lions Club Distrik 307A1 sebanyak 3.600 views dalam beberapa jam. Peserta yang hadir terdiri dari para anggota Lions, Wirawati dan masyarakat luas, termasuk yang terbanyak adalah anggota Persit Kartika Candra Kirana dari Aceh hingga Papua.
(Adith Dyah)

Ikuti Kami di Google News klik https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMPvkpwwwje21BA?hl=en-ID&gl=ID&ceid=ID%3Aen