BeritaNasionalTNI

Terbang Tak Berizin, Pesawat Asing di Turunkan Paksa TNI AU di Lanud Sri Mulyono Herlambang

×

Terbang Tak Berizin, Pesawat Asing di Turunkan Paksa TNI AU di Lanud Sri Mulyono Herlambang

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Pengaman Pilot pesawat asing yang berhasil diamankan usai di paksa mendarat di Lanud Sri Mulyono Herlambang Palembang, Rabu 12 Juni 2024. (foto.Yon)

Palembang,SuaraMetropolitan

TNI AU Pangkalan Lanud Sri Mulyono Herlambang (SMH) melakukan pemaksaan mendarat (Force Down) terhadap pelanggaran pesawat asing yang memasuki Wilayah Udara NKRI di paksa mendarat di Apron Lanud SMH, Rabu (12/06/2024).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Setelah mendarat di Lanud SMH pesawat diarahkan menuju Apron dengan menggunakan mobil dan dikawal ketat dari pasukan Satpom-AU, Pasukan Pertahanan Pangkalan ( Hanlan) Lanud untuk menyergap pesawat asing tersebut.

Kegiatan tersebut merupakan skenario dalam simulasi Latihan Force Down guna untuk mengasah kemampuan TNI AU.

Baca juga: Ribuan Masyarakat Padati Apron Alpha Lanud SMH Palembang Saksikan Pesawat Tempur dari Dekat

Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang (SMH) Palembang Kol Pnb Rizaldy Efranza, S.T., M.N.S.S, saat di wawancarai usai kegiatan simulasi penurunan paksa pesawat asing di Lanud Sri Mulyono Herlambang Palembang, Rabu 12 Juni 2024, (foto Yon).

Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang (SMH) Palembang Kol Pnb Rizaldy Efranza, S.T., M.N.S.S, mengatakan bahwa tujuan dari latihan ini adalah untuk melatih personil TNI Angkatan Udara dan juga melibatkan 11 Kementerian dan lembaga.

“Ada 11 lembaga yang terlibat untuk bagaimana menghandle apabila pesawat yang tidak berizin bisa kita turunkan oleh pesawat Tempur F-16 kita kemudian kita investigasi sehingga tidak aman ketika bagi mereka melintasi wilayah udara kita,”ungkapnya.

Dalam Skenario tersebut, Danlanud menceritakan bahwa Pesawat Asing yang melintas di wilayah NKRI dan tertangkap oleh Radar TNI AU dan langsung dilakukan pengejaran dan dipaksa mendarat di Lanud SMH Palembang.

Baca juga: Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Apresiasi Penampilan Drumband Taruna AAU di Lanud SMH Palembang

“Skenarionya ada pesawat CM terbang kemudian begitu terlihat pada radar kemudian kita tangkap oleh pesawat F-16 kita kemudian kita perintahkan untuk turun di SMH Palembang ini kemudian kita bawa ke Base of Lanud SMH Palembang untuk diinterogasi oleh personil 11 Kementerian dari lembaga yang terlibat,”ujarnya.

Dalam kegiatan ini, Kata Danlanud, seluruh personil dari SMH terlibat dan dibantu juga dari TNI AU Pekanbaru dari Jakarta dan Pontianak.

“Seluruh Personel kita terlibat juga pengamanan latihan yang kemarin juga kemudian dari line seperti Pekanbaru dari Jakarta dan Pontianak,”ungkapnya.

Baca juga: Terjerembab Lubang dijalan Nurdin Panji Palembang, Gadis Belia Tewas Mengenaskan di Sambar Truk

Menurut Danlanud, Latihan Force down seperti ini sangatlah penting untuk mengantisipasi segala bentuk ancaman dari udara, karena memang ancaman yang seperti ini sering terjadi dan langsung dilaporkan ke atasan.

“Sebenarnya ancaman-ancaman seperti ini cukup sering terjadi di Indonesia Namun kita awasi dengan baik dan kita laporkan ke komando atasan Keamanan udara sangatlah penting bisa saja terjadi dari udara ke daratan,”tandasnya.

Sebagai informasi simulasi latihan pasca Force Down yang di gelar oleh Lanud SMH juga melibatkan 11 kementerian dan lembaga negara lainnya antara lain, Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, Kementrian Pertanian Republik Indonesia, Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, unsur TNI, Perum LPP Navigasi Penerbangan Indonesia, PT. Angkasa Pura Bandara SMB II Palembang, dan 3 unsur Lanud dari Lanud SMH diantaranya dari Satpom Lanud SMH, Intel Lanud SMH dan Staf Hukum Lanud SMH.

Ikuti Kami di Google News klik https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMPvkpwwwje21BA?hl=en-ID&gl=ID&ceid=ID%3Aen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *