Gaya Hidup

Selain Akibat Kurang Tidur, Ini Beberapa Penyebab Mata Panda

0
×

Selain Akibat Kurang Tidur, Ini Beberapa Penyebab Mata Panda

Sebarkan artikel ini

Palembang,SuaraMetropolitan

Mata panda atau kantung mata menghitam sering dihubungkan dengan waktu tidur yang sedikit. Padahal, tak hanya karena itu. Bagian bawah mata yang menghitam membuat penampilan terlihat lelah dan lebih tua dari umur Anda sebenarnya. Seringnya, mereka yang memiliki ini hanya menganggap bahwa itu karena kurang tidur.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Mata panda tak hanya disebabkan karena kurang tidur, tapi banyak faktor lainnya. Inilah beberapa penyebab mata panda yang bisa Anda hindari.

Baca juga : Berikut 5 Tips Memilih Buah Manggis yang Manis

Baca juga : Hadapi Musim Kemarau, Ini Tips Cara Menghemat Air

  • Terlalu lama menatap layar

Banyak efek negatif paparan layar gadget dan TV terhadap tubuh. Salah satunya adalah menjadi penyebab kantung mata hitam.

Mata yang terlalu lama menatap layar TV, komputer, atau ponsel akan menjadi tegang. Saat tegang seperti ini, pembuluh darah di sekitar mata jadi membesar dan akhirnya kulit di sekitar mata menjadi lebih gelap. Itulah kenapa bagian bawah mata menjadi lebih hitam dari biasanya.

  • Mengalami dehidrasi

Saat kurang cairan, tubuh memberi tanda-tandanya. Yang paling pertama adalah rasa haus. Selanjutnya, ada tanda lain seperti bibir pecah-pecah dan rasa terbakar di tenggorokan.

Kemudian, kulit akan terlihat kering dan bersisik. Begitu juga dengan kulit di bawah mata. Saat dehidrasi, area di bawah mata menjadi lebih cekung dan sayu. Sehingga lebih terlihat seperti memiliki mata panda.

  • Gaya hidup yang tidak sehat

Kebiasaan merokok dan minum alkohol memang memiliki banyak efek buruk bagi tubuh. Salah satunya adalah terciptanya mata panda.

Hal ini disebabkan oleh menumpuknya cairan di dalam tubuh. Selain itu, aliran darah di kulit wajah menjadi tidak lancar sehingga area mata terlihat lebih gelap dan menjadikannya seperti mata panda.

  • Terlalu banyak terpapar sinar matahari

Paparan sinar matahari membuat tubuh memicu produksi melanin yang lebih banyak. Melanin sendiri bekerja membuat kulit terlihat lebih gelap. Jika area mata lama terpapar sinar matahari, bukan tidak mungkin warnanya menjadi lebih gelap. Terlebih jika Anda mengenakan masker dan tidak melindungi area mata. Oleh karena itu, penting sekali untuk menggunakan sunscreen setiap keluar rumah. Juga, mengaplikasikannya ulang setiap 4 jam sekali.

  • Faktor usia yang bertambah

Semakin bertambah usia, kulit menjadi semakin tipis. Perlahan, kulit juga kehilangan elastisitasnya. Ketika ini terjadi, pembuluh darah di bawah mata semakin jelas terlihat. Inilah yang membuat Anda terlihat memiliki mata panda.

  • Sebagai reaksi dari alergi

Banyak pemicu alergi yang bisa dialami seseorang. Namun salah satu reaksi yang bisa muncul adalah lingkaran hitam di bawah mata.

Ini disebabkan oleh terlepasnya histamin sebagai respon pemicu alergi. Histamin bisa menyebabkan pembuluh darah membesar dan menjadi lebih terlihat. Akhirnya, mata Anda terlihat seperti mata panda. Jika mengalami mata panda, Anda bisa mengatasinya dengan tidur yang cukup, menghindari gaya hidup yang tidak sehat, dan merawatnya dengan mengompres dan menggunakan krim mata. (*)

Ikuti Kami di Google News klik https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMPvkpwwwje21BA?hl=en-ID&gl=ID&ceid=ID%3Aen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *