BeritaPendidikan

Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Bersama The Wijaya Institute Laksanakan Pelatihan Pembuatan Sabun Deterjen Herbal

65
×

Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Bersama The Wijaya Institute Laksanakan Pelatihan Pembuatan Sabun Deterjen Herbal

Sebarkan artikel ini
DR.HR.Wijaya Direktur The Wijaya Institute (PT.Wijaya Riset Institusi) memberikan Motivasi di dampingi WD.3. DR.Abu Mansur dalam Acara Student Preneur di Fakultas Psikologi Kampus B Jakabaring UIN Raden Fatah Palembang (9/12-2023).
DR.HR.Wijaya Direktur The Wijaya Institute (PT.Wijaya Riset Institusi) memberikan Motivasi di dampingi WD.3. DR.Abu Mansur dalam Acara Student Preneur di Fakultas Psikologi Kampus B Jakabaring UIN Raden Fatah Palembang (9/12-2023).

Palembang,SuaraMetropolitan

Dekan Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang Ibu DR. Zuhdiyah diwakili oleh WD.3 DR. Abu Mansur membuka acara Pelatihan dengan Tema Kreativitas Mahasiswa Dalam Mengembangkan Enterpreneur di Aula Kampus Psikologi Kampus B UIN Raden Fatah pada hari sabtu (09/12/2023) yang dihadiri oleh 200 peserta Mahasiswa, Wakil Dekan 3 DR.Abu Mansur dalam sambutanya mengatakan bahwa acara ini merupakan tindak lanjut dari MoU antara Fakultas Psikologi dengan The Wijaya Institute atau PT Wijaya Riset Institusi dan GN-AURA Wilayah Sumatera Raya pada tanggal 30 November 2023.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Ada 2 pelajaran yang dapat kita petik hari ini.

Pertama baru ini terjadi MoU dalam waktu 8 hari langsung di implementasi.
Kedua, pada pelatihan ini mahasiswa langsung diajari teori dan praktek. Jadi mahasiswa langsung belajar di alam nyata praktis bukan teoritis.

Baca juga : Pj Gubernur Agus Fatoni Beri Atensi Khusus Pj Bupati Lahat Untuk Segera Tuntaskan Program Prioritas

Narasumber Seminar diantaranya dari The Wijaya Institute, Dr Drs HR Wijaya dengan materi motivasi Sukses itu Gampang Kaya itu Mudah, dan GN AURA Korwil Sumatera Dr H Misri Hasanto,M.Kes. Materi Seminar berisi tentang program dan Pelatihan StudentPreneur Bootcamp 5.0, sebagai realisasi dari MOU sebelumnya, pada tahap awal diadakan Pelatihan dan Praktek Pembuatan Deterjen Cair Berbahan Herbal dengan instruktur Dea dan Satria. Semua bahan dan alat Praktek disiapkan secara mandiri oleh GN AURA Korwil Sumatera dan The Wijaya Institute.

Dr H Misri menjelaskan bahwa program StudentPreneur sasarannya adalah Siswa/Santri dan Mahasiswa, sehingga memungkinkan mereka untuk mengembangkan minat dan bakatnya sebagai wirausaha Profesional Milenial di masa mendatang. Bahkan bisa dimulai saat mereka masih kuliah ini, sehingga begitu mereka selesai kuliah, mereka bakan hanya mendapatkan pekerjaan, tetapi juga bisa menciptakan lapangan kerja baru.

Baca juga : Yuk, Cek Lokasi dan Tanggal Pasar Murah di Palembang

Lama program StudentPreneur 6 – 12 bulan, sesuai dengan tingkatan/level yang diminati, seperti level Worker, Menejer, Leader, dan Owner. Setiap level akan diberikan muatan materi dan praktek yang berbeda, termasuk dengan pembinaan bahan baku, kemasan, perijinan, pemasaran, dan pendampingan permodalan.

Selain materi tentang program StudentPreneur para peserta juga diberikan Pelatihan Khusus dan Praktek tentang Pembuatan Deterjen Cair berbahan herbal, dengan instruktur Dea dan Satria. Setelah selesai prakteknya, hasilnya dibagikan pada peserta pelatihan, agar mereka bisa memanfaatkannya di rumah masing-masing. Manfaat Deterjen cair ini bisa dipakai untuk mencuci pakaian, cuci piring, membersihkan lantai, kamar mandi, motor dan mobil. Deterjen ini tidak beracun, tidak merusak kulit (tidak iritasi), mudah terurai, dan ramah lingkungan, karena bahan utamanya berasal dari bahan alami (Herbal) yaitu turunan dari minyak kelapa sawit.

Baca juga : Kepala Bapenda Kota Palembang Optimis Pajak Sektor BPHTB Bakal Capai Target

Setelah selesai Seminar, Pelatihan dan Praktek, semua seminar tampak senang dan bahagia, karena materi dan praktek yang diberikan sangat sederhana dan mudah dipahami mahasiswa, bahkan instrukturnya pun juga berasal dari mahasiswa UIN Raden Fatah yang telah ikut Pelatihan TOT sebagai instruktur.

Kedepan para peserta akan dibuat per kelompok kecil dengan jumlah anggota 20-40 peserta untuk memantapkan Praktek dan Pelatihannya, sehingga semua peserta mempunyai kompetensi teruji. Bagi peserta yang telah lulus Teori dan Praktek akan memperoleh sertifikat dari GN AURA dan The Wijaya Institute sebagai pelaksana program StudentPreneur. (Sat)

Ikuti Kami di Google News klik https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMPvkpwwwje21BA?hl=en-ID&gl=ID&ceid=ID%3Aen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *