BeritaNasional

Menko PMK RI Muhadjir Effendy Hadiri Peringatan Hari Santri Nasional di Sumsel

0
×

Menko PMK RI Muhadjir Effendy Hadiri Peringatan Hari Santri Nasional di Sumsel

Sebarkan artikel ini

Musi Banyuasin, SuaraMetropolitan

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia (RI) Muhadjir Effendy didampingi Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni menghadiri peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023. Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Rajawali Desa Mekar Jadi, Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Minggu (22/10/2023). 

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Peringatan Hari Santri Nasional kali ini mengusung tema ‘Jihad Santri Jayakan Negeri’. Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, selanjutnya dilanjutkan salawat dan doa bersama untuk negeri.

Mengawali sambutannya, Fatoni mengucapkan terima kasih kepada Menko PMK RI Muhadjir Effendy yang telah menyempatkan hadir dalam perinngatan Hari Santri Nasional di Musi Banyuasin.

Baca juga : LSM “Nakal” Dapat Dibubarkan

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Menteri yang telah menyempatkan hadir di Sumatera Selatan semoga dengan kehadiran Bapak menjadi berkah pada momen hari santri ini,” kata Fatoni.

Fatoni menyebut Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel telah menyediakan anggaran yang cukup untuk pengembangan ponpes. Menurutnya, keberadaan ponpes bukan hanya sekedar lembaga pendidikan yang memberikan ilmu pengetahuan umum dan ilmu agama, namun juga sebagai tempat pembentukan karakter dan akhlak bagi generasi penerus bangsa.

“Pemprov Sumsel memberikan memperhatikan khusus dalam mendorong pengembangan Ponpes melalui menyediakan anggaran yang cukup, kita harap itu akan menjadi stimulus bagi Ponpes untuk berkembang dan semakin maju,” ucap Fatoni.

Baca juga : 477 Peserta Ikuti Kejuaraan Bulu Tangkis Palembang Darussalam Cup 2023

“Selain memberikan ilmu pengetahuan umum dan ilmu agama, Ponpes juga memberikan ilmu-ilmu yang dapat membentuk akhlak, karakter yang baik bagi para santri-santri. Dengan kedisiplinan yang ketat dalam mencetak santri-santri  mandiri yang Insya Allah mempunyai akhlak yang baik,” sambungnya.

Fatoni berpesan kepada para santri yang tengah mengenyam pendidikan di pondok, agar lebih giat belajar dengan tetap menyeimbangkan pendidikan ilmu pengetahuan  umum dengan ilmu agama.

“Para santri teruslah giat belajar, semoga Allah terus memberikan keberkahan untuk kita semua. Serta  selamat hari santri nasional,” tandasnya.

Baca juga : Ketua Dewan Pendidikan Sumsel Supadmi Kohar Menilai Uswatun Hasanah Tidak Bisa Didapat Dengan Belajar Daring

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Menko PMK meminta agar Pemerintah Daerah (Pemda) mengalokasikan anggaran untuk kemajuan pondok pesantren di daerah.

“Kita ingin Pemda mengalokasikan anggaran untuk kemajuan Ponpes di daerah,” katanya.

Selain Menteri PMK RI, hadir juga Deputi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Agama Warsito, Staf Khusus Menteri Bidang PMK khoirul Muttaqin, Pj Bupati Muba Apriyadi, Rektor Universitas Muhammadiyah Malang Fauzan dan Dekan Fakultas Keamanan Nasional Universitas Pertahanan RI Pujo Widodo. (Y.R)

Ikuti Kami di Google News klik https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMPvkpwwwje21BA?hl=en-ID&gl=ID&ceid=ID%3Aen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *