BeritaBerita DaerahPendidikan

Wisuda Tahfidz Ke-3 Pondok Pesantren Nurul Qomar Palembang, Cetak Penghafal Al-Quran 30 Juz

×

Wisuda Tahfidz Ke-3 Pondok Pesantren Nurul Qomar Palembang, Cetak Penghafal Al-Quran 30 Juz

Sebarkan artikel ini
Momen penyerahan Piagam kepada Santri yang di Wisuda, Selasa 12 Juni 2024. (Foto.Yon)

Palembang,SuaraMetropolitan

Pondok pesantren Nurul Qomar yang beralamat di jalan perintis kemerdekaan kecamatan IT ll menggelar wisuda Jam’iyyatul Qurro’walhaffazdz angkatan ke-3 bagi santriwan dan santriwati yang hafidz Qur’an juz 30, Juz 1, Juz 5 dan 30 Juz), Selasa (11/06/2024).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Sebanyak 39 Santri Hafidz Qur’an dan salah satu diantaranya hafidz Qur’an 30 Juz. Kegiatan di tandai dengan penyematan selendang oleh Camat IT ll M. Irman yang mewakili pemerintah kota Palembang dan juga Kabag Kesra kota Palembang Rahmawati.

Pondok pesantren Modern Nurul Qomar dilengkapi dengan fasilitas olahraga seperti Basket, Bulu Tangkis dan sebagainya. Selain menghapal Al-Qur’an, Santri Ponpes Nurul Qomar juga di di Berikan pelajaran Formal seperti SMP dan SMA pada umumnya.

Camat Ilir Timur II M.Irman saat memberikan sambutan, Selasa 12 Juni 2024, (foto.Yon).

Baca juga: Kolaborasi Ponpes Nurul Qomar bersama The Wijaya Institute Gelar Workshop Student Preneurs Mahasiswa

Baca juga: Momen Buka Puasa Bersama Hari Pertama Ramadhan 1445H di Pondok Pesantren Nurul Qomar Palembang

Mudir Ponpes Modern Nurul Qomar Ust Orbit Rupawan mengatakan bahwa Ponpes Modern Nurul Qomar memiliki banyak program belajar mengajar bukan hanya Menghapal Al-Qur’an saja namun juga perpaduan antara pelajaran Umum.

“Jadi program menghafal baca Al-Qur’an di Ponpes Nurul qomar ini namanya tahassus konsentrasi di bidang penghafalan Alquran, tetapi secara umum anak-anak juga mengikuti kegiatan formal seperti SMP, SMA dan juga ada kegiatan ekstrakurikuler Pramuka, Karate olahraga dan lain sebagainya, mereka juga tetap ikut serta di dalam kegiatan formalnya pesantren secara umum tetapi mereka punya konsentrasi tambahan di penghafal Al-Qur’an,”katanya.

PJ Walikota Palembang di wakili Camat IT ll M. Irman mengapresiasi setinggi-tingginya terhadap Pondok Pesantren Nurul Qomar karena telah membantu pemerintah kota Palembang dalam pembelajaran etika.

Foto bersama di sela-sela kegiatan Wisuda Tahfiz Al Qur’an di Ponpes Nurul Qomar Palembang, Selasa 12 Juni 2024. (Foto.Yon)

Baca juga: Pelantikan Pengurus Majelis Pembina Gugus Depan Ponpes Nurul Qomar Palembang

Baca juga: Pondok Pesantren Nurul Qomar Rayakan Maulid ‘Isyrin Malam ke-14 Sekaligus Berdoa Untuk Palestina

“Kami mengapresiasi atas hadirnya pondok pesantren Nurul Qomar di tengah-tengah masyarakat pendidikan membantu pemerintah kota dalam memberikan wawasan etika bagi anak-anak,”ucapnya.

Sementara Pemerintah Provinsi melalui Pejabat Fungsional di Disdik mengaku sudah lama mengenal Ponpes Nurul Qomar secara bertahap merangkak namun mampu memberikan beasiswa bagi Santri yang kurang mampu, semoga semakin Kompak sehingga Ponpes Nurul Qomar semakin banyak menamatkan Santri yang berbudi pekerti luhur dan beragama.

“Pondok pesantren Nurul Qomar ini saya sudah lama kenal dan bersahabat secara tertatih-tatih tapi pasti bisa menjadi contoh apalagi para perwakib bahwa Ponpes Nurul Qomar adalah satu-satunya Ponpes yang ada di tengah kota yang masih konstan menghafal Alquran tadi yang di wisuda sebanyak 39 Santri agar menjadi contoh bagi sekolah-sekolah yang lain pentingnya belajar agama, Semoga menjaga kekompakan yang kuat,”harapnya.

Baca juga: Optimalkan PAD Tahun 2024, Bapenda kota Palembang Gelar Rakor Restribusi Pajak

Sementara salah satu Santri Hafidz 30 Juz Al-Qur’an Abdi mengaku mengucapkan terimakasih kepada Ponpes Nurul Qomar yang sudah membimbingnya untuk untuk menghapal Al-Qur’an hingga mampu hapal sampai 30 Juz.

Selain itu juga, Dia mengungkapkan Terimakasih kepada Orang tuanya yang selalu memberikan semangat dalam menghafal Al-Qur’an.

“Saya menghafal Al-Qur’an sejak menginjak Sekolah Dasar dan saya berterima kasih kepada orang tua saya Guru-guru di Ponpes Nurul Qomar yang membantu saya menghapal Al-Qur’an selama ini,”ucapnya

Memang, kata dia, pada saat menghapal ada rasa jenuh tapi berkat dorongan Orang tua dan juga Bimbingan dari Ponpes Nurul Qomar membangkitkan semangat.

“Saya akui ada rasa jenuh, tapi itulah tantangannya saat orang tua saya dan juga Guru memberikan semangat jadi motivasi bagi kami penghafal Al-Quran, semoga menjadi inspirasi bagi teman-teman di luar sana bahwa belajar di Ponpes Nurul Qomar tetap bisa hafidz Qur’an,”pungkasnya.

Ikuti Kami di Google News klik https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMPvkpwwwje21BA?hl=en-ID&gl=ID&ceid=ID%3Aen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *